HEGEMONI DALAM SEKOLAH PENYELENGGARA PROGRAM PERCEPATAN (SISTEM KREDIT SEMESTER)

  • FACHRIYAH MAWADDAH
  • ARDHIE RADITYA

Abstract

Abstrak

Berawal dari kebijakan kelas percepatan di MAN 1 Pasuruan mulai tahun 2017 yang dinamakan kelas SKS (Sistem Kredit Semester). Penelitian bertujuan mengetahui bentuk dan praktek hegemoni yang dilakukan guru serta sekolah. Pemikiran Antonio Gramsci tentang hegemoni digunakan sebagai pisau analisis dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive dan pengumpulan data menggunakan data primer serta sekunder. Temuan data dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan praktek dan bentuk hegemoni diciptakan untuk melanggengkan kekuasaan intelektual. Beberapa bentuk hegemoni yang terjadi di MAN 1 Pasuruan seperti hegemoni promosi SKS, hegemoni kelas percepatan, hegemoni konsultasi jurusan. Sebelum hegemoni diberikan kepada siswa, sekolah menanamkan ide melalui intelektualnya. Sekolah melakukan berbagai upaya intelektual agar program SKS berjalan baik. Usaha tersebut dilakukan dengan upaya politis untuk meyakinkan orangtua siswa. Sekolah juga memberikan wacana berbentuk motivasi ketika proses hegemoni mulai melemah. Berbagai bentuk hegemoni dilakukan sekolah sebagai usaha pelanggengan sistem SKS sebagai program unggulan.

Kata Kunci: Sistem Kredit Semester, Hegemoni, Sekolah
Published
2020-01-31
How to Cite
MAWADDAH, F., & RADITYA, A. (2020). HEGEMONI DALAM SEKOLAH PENYELENGGARA PROGRAM PERCEPATAN (SISTEM KREDIT SEMESTER). Paradigma, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/32078
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 109