Modal Sosial Pedagang Toko Kelontong Madura di Perantauan

Authors

  • Fenda Nuradifa Cikha Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Machfud Fauzi

Abstract

Toko kelontong Madura menjadi salah satu usaha yang mayoritas digeluti oleh orang Madura di perantauan. Fenomena tersebarnya toko kelontong Madura tepatnya di Kelurahan Ketintang tentu menjadi sorotan, sebab dalam mendirikan toko kelontong Madura diperlukan adanya modal sosial. Di dalam modal sosial terdapat elemen-elemen yang terdiri dari nilai dan norma, kepercayaan, serta jaringan untuk menjadi langkah keberlangsungan toko kelontong Madura. Tujuan penelitian ini untuk mennganalisa tiga elemen dari modal sosial yang berupa nilai dan norma, kepercayaan, serta jaringan yang diterpakan pada pedagang toko kelontong Madura di perantauan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data secara purposive sampling. Teori yang diterapkan pada penelitian ini ialah modal sosial Fukuyama. Pemilihan subjek penelitian memilih pedagang toko kelontong Madura yang telah menetap dan berdagang lebih dari satu tahun dan asal daerah dari Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data yang diterapkan berupa observasi, wawacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memaparkan bahwa nilai dan norma pada pedagang toko kelontong Madura merupakan hasil dari pengilhaman perantau Madura yang berasal dari kitab suci Al-quran, kultur, dan tradisi, sehingga menjadi modal dalam membangun kepercayaan dan jaringan. Kepercayaan yang dibangun oleh pedagang berguna untuk membangun rasa percaya antar pembeli pada sata bertransaksi dan sesama pedagang untuk memelihara interaksi sosial. Namun pada jaringan sendiri masih lemah pada sesama pedagang karena berdirinya toko kelontong Madura di Kelurahan Ketintang didominasi jaringan kekeluargaan serta tidak ditemukan komunitas sebagai penaung keberadaan pedagang toko kelontong Madura di Kelurahan Ketintang.

 

Kata Kunci: toko kelontong Madura, modal sosial, perantauan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-05

How to Cite

Puspitasari, F. N. C., & Fauzi, A. M. (2023). Modal Sosial Pedagang Toko Kelontong Madura di Perantauan. Paradigma, 12(1), 241–250. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/56391
Abstract views: 496 , PDF Downloads: 619

Most read articles by the same author(s)

> >>