PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SCIENCE STORY BERBASIS ETNOSAINS

  • DITA AYUNI RAHMI
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Science Story Berbasis Etnosains Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan hasil belajar pada aspek pengetahuan sebesar 88% dengan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan analisis uji n-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Kesimpulannya adalah penggunaan media Science Story Berbasis Etnosains dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar, komik, etnosains, kalor dan perpindahannya




Published
2018-05-17
How to Cite
AYUNI RAHMI, D., & ROSDIANA, L. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SCIENCE STORY BERBASIS ETNOSAINS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23185
Abstract Views: 272
PDF Downloads: 302