Keefektifan Media KIT Hidrostatis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair

  • RACHMANI DWI PERMATASARI
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan media KIT hidrostatis untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan zat cair Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R & D). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Keefekifan media KIT hidrostatis diperoleh dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan 90% siswa dinyatakan tuntas pada ranah pengetahuan dengan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan analisis uji n-gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media KIT hidrostatis pada materi tekanan zat cair dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: media KIT hidrostatis, keefektifan, hasil belajar





Published
2018-07-20
How to Cite
DWI PERMATASARI, R., & ROSDIANA, L. (2018). Keefektifan Media KIT Hidrostatis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24365
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 131