KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP

  • ALIEF NOER UBAY
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII ditinjau berdasarkan tahapan pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dan sampel sebanyak 36 siswa. Rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan one-shot case study. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata seluruh tahapan pemecahan masalah dalam kategori baik, dengan skor setiap tahapan yaitu: (1) mengidentifikasi masalah sebesar 3,20 (baik); (2) merancang solusi sebesar 3,10 (baik); (3) mengumpulkan data sebesar 2,60 (kriteria baik); (4) menentukan solusi sebesar 2,30 (cukup), dan (5) meninjau kembali sebesar 2,60 (baik). Berdasarkan hasil penilaian tahapan pemecahan masalah bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 21 Surabaya dikategorikan baik.

Kata Kunci: keterampilan pemecahan masalah, aktivitas siswa.
Published
2018-07-20
How to Cite
NOER UBAY, A., & ROSDIANA, L. (2018). KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24435
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 91