Keefektifan LKPD Guided Discovery Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • RIZKIA CAHYA ANGGRAENY
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKPD Guided Discovery. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan menggunakan rancangan penelitian One-Group Pre-Test Post-Test Design. Aspek keefektifan diketahui dari analisis hasil belajar peserta didik dengan analisis N-gain. Persentase nilai N-gain pada kategori tinggi sebesar 58% dan hasil belajar keterampilan juga mendapatkan 100% telah tuntas KKM. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD Guided Discovery pada materi energi dalam sistem kehidupan dapat dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Keefektifan LKPD, Guided Discovery, Hasil Belajar





Published
2019-05-22
How to Cite
CAHYA ANGGRAENY, R., & ROSDIANA, L. (2019). Keefektifan LKPD Guided Discovery Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27693
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 351