Kevalidan Kartu Kantong Doraemon Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

  • DEWI ENDAH SRI WAHYUNINGSIH
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan kartu kantong doraemon pada materi lapisan bumi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang ditinjau berdasarkan kevalidan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dimodifikasi oleh Sugiyono yaitu pre-exmerimental desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Negeri 4 Sidoarjo kelas VII sebanyak 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan lembar validasi media. Adapun teknik analisi data yang digunakan menggunakan skala penilaian Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas kartu kantong doraemon memiliki nilai modus rata-rata secara keseluruhan sebesar 4 yang dapat dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Kevalidan, Kartu Kantong Doraemon dan Literasi Sains AbstractThis research attemps to describe eligibity doraemon pocket card to the matter layers of earth in term validity aspect to increased capabillity science literacy. This kind of research used R&D research design by Sugiono, that is Pre-Experimental Design. The sample used in this researched is class VII as many as 18 students in MTs Negeri 4 Sidoarjo. Data collect technique used media sheet validation. Analysis in tehs research used Likert skala assessment. The result this research showed that the validity of doraemon pocket card rate modus value overall has 4 on category very suitable and suitable to used in learning.. Keywords: Validity, Doraemon Pocket Card And Science Literacy.
Published
2019-06-17
How to Cite
ENDAH SRI WAHYUNINGSIH, D., & ROSDIANA, L. (2019). Kevalidan Kartu Kantong Doraemon Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28060
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 45