PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE) PADA MATERI PENCEMARAN AIR DAN DAMPAKNYA BAGI LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI

  • SRI KUMAIYAH
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan melatihkan keterampilan komunikasi tertulis peserta didik. Analisis yang digunakan adalah dengan metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini pra-ekmerimental dengan rancangan penelitian One Grup Pretest-Postest design. Rata-rata nilai yang diperoleh pada pembuatan laporan praktikum 89.5 yang dikategorikan sangat baik, Modus penilaian keterlaksanaan pembelajaran pada model siklus belajar 5E (Learning cycle) mendapat skor 4 dengan kategori sangat baik dari tiga pengamat. Respon yang di berikan oleh peserta didik terhadap model pembelajaran yang digunakan mendapatkan nilai rata-rata 97.69 dengan kategori sangat kuat

Kata kunci : model siklus belajar 5E (Learning cycle) dan keterampilan komunikasi tertulis


Published
2019-07-03
How to Cite
KUMAIYAH, S., & ROSDIANA, L. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE) PADA MATERI PENCEMARAN AIR DAN DAMPAKNYA BAGI LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28673
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 54