VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN DINAMIKANYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

  • ZELINA TRI WAHYUNI NINGSIH
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan lembar kerja peserta didik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada lapisan bumi dan dinamikanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa penskoran terhadap LKPD yang dikembangkan. Proses uji coba produk dilakukan pada 27 siswa kelas VII-G SMP. Hasil penelitian validitas lembar kerja peserta didik dikatakan valid ditunjukkan pada nilai modus syarat kontruksi, syarat dikdatif dan syarat teknis yaitu sebesar 3 dengan kriteria layak digunakan. Semua aspek mendapatkan kategori layak, sehingga lembar kerja peserta didik dapat dikatakan valid untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, keterampilan berpikir kritis siswa.
Published
2019-07-15
How to Cite
TRI WAHYUNI NINGSIH, Z., & ROSDIANA, L. (2019). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN DINAMIKANYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/29135
Section
Articles
Abstract Views: 244
PDF Downloads: 178