VALIDITAS PENGEMBANGAN PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

  • Diah Ayu Novi Kartika Sari Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Laily Rosdiana Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Aris Rudi Purnomo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan validitas media permainan Bingo yang telah dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Proses uji coba produk dilakukan pada siswa kelas VIII SMP. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis menggunakan kriteria skala likert berdasarkan nilai modus yang diperoleh dari validator. Kelayakan media yang telah dikembangkan dapat diketahui berdasarkan validitas teoritis. Validitas teoritis diukur berdasarkan dari perspektif tiga pakar ahli. Terdapat empat aspek yang akan dinilai yaitu aspek kebahasaan, aspek penyajian, aspek isi dan aspek fungsi permainan. Data hasil validasi media dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang kemudian diinterpretasikan dalam Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Bingo layak untuk digunakan, ditunjukkan dengan perolehan nilai modus sebesar 4 dengan kategori “sangat valid”.

 

Kata kunci : validitas, permainan Bingo, pemahaman konsep.
Published
2019-12-22
How to Cite
Sari, D., Rosdiana, L., & Purnomo, A. (2019). VALIDITAS PENGEMBANGAN PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32302
Section
Articles
Abstract View: 20
PDF Download: 17