KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi tekanan zat cair untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jombang pada kelas VIII-I dengan jumlah peserta didik sebanyak 28. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan yaitu metode Research and Development (R&D) yang dibatasi sampai pada tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian keefektifan LKS berbasis discovery learning dapat ditinjau dari hasil analisis pre-test dan post-test siswa. Analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebesar 19 siswa memperoleh nilai N-Gain dalam kategori tinggi dan 9 siswa memperoleh kategori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi tekanan zat cair dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektivitas.
Kata Kunci: Keefektifan LKS, Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains.