VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran yang berbasis inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang untuk melatihkan keterampilan proses sains (KPS). Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan lembar penilaian. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei yang dilakukanoleh 3 validator ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli pedagogi, dan praktisiyaitu 2 dosen ahli IPA dan 1 guru IPA SMP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Penilaian validitas perangkat pembelajaran diukur berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi yang didapatkan berupa skor dan saran untuk perbaikan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validasi ahli menggunakan modus. Hasil validasi silabus menunjukkan modus sebesar 4 sehingga termasuk kategori valid. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan lembar penilaian juga menunjukkan hasil yang sama yaitu modus sebesar 4 sehingga termasuk kategori valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan dilakukan revisi berdasarkan saran yang telah diberikan validator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak dari aspek validitas untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi getaran dan gelombang.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains