KAJIAN TENTANG MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Objek yang digunakan adalah karya ilmiah berupa artikel jurnal dan hasil penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder melalui jurnal. Teknik yang digunakan adalah dengan menganalisis tiga literatur tentang Learning Cycle 5E untuk melihat implementasi model dari ketiga literatur tersebut. Berdasarkan hasil analisis setiap tahapan pada model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Perbedaan aspek yang ada di tahapan model Learning Cycle 5E pada keterampilan proses sains yaitu tahap engagement meliputi merumuskan masalah, membuat hipotesis, dan mengidentifikasi variabel. Pada tahap eksplorasi meliputi mengamati dan menganalisis data. Aspek pada pemahaman konsep yaitu tahap eksplorasi meliputi mencontohkan dan mengklasifikasikan. Pada tahap elaborasi meliputi menggeneralisasi dan membandingkan. Persamaan aspek yang ada di tahapan model Learning Cycle 5E pada keterampilan proses sains maupun pemahaman konsep yaitu tahap eksplorasi meliputi menginterpretasikan data dan menganalisis data. Pada tahap eksplanasi yaitu menjelaskan dan tahap evaluasi yaitu pemberian soal atau posttest. Hasil posttest mempengaruhi hasil ketuntasan siswa dimana melalui keterampilan proses sains rata-rata sebanyak 84,5% dan pemahaman konsep sebanyak 89% dinyatakan tuntas.
Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep