PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRTIS DAN RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING

  • Wiwin Fira Nurul Badi'ah Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Problem-based learning, critical thinking skills, curiosities

Abstract

This research aimed to describe the improvement of critical thinking skills and curiosities of Junior High School students’ in science learning using problem-based learning. This research design used one group pretest-postest. This research involved 33 students of class VIII-A of MTs Miftahul Ulum Magerari in Academic Year 2021/2022. This research’s data collection methods included observation , test, and questionnaires. The data analysis technique used in this research was quatitative statistics by using Wilcoxon signed rank test. The results showed that implementation of problem-based learning can improve critical thinking skills and student curiosities in science learning.

Author Biographies

Wiwin Fira Nurul Badi'ah, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Hasan Subekti, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Wahyu Budi Sabtiawan, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Aeni, N. (2018). Pendidikan nilai nasionalisme dengan media pop up book untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(3), 752-762. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762

Amini, A., Irawati, S., & Kasrina, K. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B MTsN 02 Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 4(1), 55-64. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.55-64

Anjarwati, Y., Amin, S. M., & Lukito, A. (2016). Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran geometri dengan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(1), 98–104. https://doi.org/10.26470/jrd.v2n1.P98-104

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir kritis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah berbantuan kunci determinasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 193-202. https://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Arum, D. R. (2014). Penerapan metode pembelajaran studi kasus berbantuan modul untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Chemistry in Education, 3(2), 177-184. https://doi.org/10.15294/chemined.v3i2

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implentasi model Problem Based Learning ( PBL ) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui lesson study. Jurnal Elemen 2(1), 83–91. https://doi.org/10.29408/jel.v2iL.179

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Gava Media.

Dewi, F. S. (2015). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keamampuan berpikir kritis dan sikap demokratis pada maya pelajaran PPKN kelas VIII A SMP Negeri 8 Semarang. [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/24348/1/330141032.pdf

Ernawati, K., Ani, R, Patoah, D., & Nuvitalia (2016). Dimensi rasa ingin tahu siswa melalui pendekatan saintifik berbantuan alat peraga penjernihan air. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 10-17. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1077

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. UNDIP

Johar, R. (2006). Strategi belajar mengajar. Universitas Syiah Kuala.

Leicester, M., & Taylor, D. (2020). Critical thinking across the curriculum. McGraw-Hill University Press.

Mahyana. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar. [Skripsi, Universitas Islam Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6568/1/Mahyana.pdf

Oktaviani, W., Chan, F. H. K., & Syaferi, A. (2017). Meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pelajaran IPA melalui model discovery learning di kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Journal of Biology Education Research. 4(3), 109-123. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1334

Resa, N. J. (2020). Peningkatan sikap rasa ingin tahu dalam pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning. Didakta Dwija Indria, 8(6), 1-6. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39743

Sari, D. D. (2012). Penerdapan model Problem Baased Learning (PBL) untuk menigkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarya].

Silberman. (2009). Cara belajar siswa aktif. Nusamedia.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. PT Alfabeta

Sutrisno, H. (1991). Metodologi research. Andi Offset.

Wardana, M. Y. S., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan model problem based learning terhadap hasil Belajar kognitif pemecahan masalah matematika. Thinking Skill and Creativity Journal, 2(1), 19-26. https://dx.doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18380.

Wayudi, M., & Santoso. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67-82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853

Published
2023-01-31
How to Cite
Badi’ah, W. F., Subekti, H., & Sabtiawan, W. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRTIS DAN RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 32-37. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46472
Section
Articles
Abstract Views: 238
PDF Downloads: 262