RELEVANSI KONSEP NITENI, NIROKKE, NAMBAHI DARI AJARAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN SAINS

  • Agustina Sri Andayani Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Dhita Ayu Permata Sari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan dan relevansi konsep niteni, nirokke, nambahi dari Ki Hadjar Dewantara dalam konteks pembelajaran sains. Konsep “niteni, nirokke, nambahi” merupakan salah satu konsep pembelajaran dari Ki Hadjar Dewantara yang pandang masih relevan dan dapat diterapkan dalam pembelajaran pada era saat ini. Reviu sistematis literatur ini dilakukan berdasarkan pada prinsip PRISMA pada data base dari Google Scholar periode 2010-2020 dengan menggunakan kata kunci “niteni, nirokke, nambahi” untuk analisis secara kritis. Ekstraksi data atau analisis data dari artikel atau makalah menggunakan quasi-kuantitatif menggunakan software NVivo 12. Hasil reviu menunjukkan permasalahan penelitian terkait konsep “niteni, nirokke, nambahi” yang dominan adalah (1) kemampuan berpikir kritis; (2) urgensi sikap kreatif; (3) urgensi pemecahan masalah; dan (4) membangun sikap ilmiah. Selain itu, konsep “niteni, nirokke, nambahi” menujukkan masih relevan untuk terus diterapkan dalam pembelajaran sains untuk (1) mengembangkan keterampilan abad 21; (2) membangun sikap ilmiah; (3) meningkatkan kemampuan berpikir kritis; (4) mengembangkan sikap kreatif; (5) mengembangkan keterampilan dikusi, dan (6) meningkatkan penguasaan konsep. Simpulan reviu adalah konsep pendidikan Niteni, Nirokke, Nambahi dari Ki Hajar Dewantara masih relevan dan dapat terus diterapkan dalam pembelajaran sains sampai saai ini. Implikasi reviu ini adalah sebagai upaya pelestarian warisan budaya dari KHD dengan proses pengajaran berbasis kearifan lokal. Selain itu, reviu ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan komparatif dan bahan rujukan, dalam mengimplementasikan konsep “niteni, nirokke, nambahi” untuk pembelajaran sains.
Kata Kunci: Niteni, Nirokke, Nambahi, Ki Hadjar Dewantara, dan Pembelajaran Sains

Published
2021-01-31
How to Cite
Andayani, A., Subekti, H., & Sari, D. A. (2021). RELEVANSI KONSEP NITENI, NIROKKE, NAMBAHI DARI AJARAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN SAINS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 1-6. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38483
Section
Articles
Abstract View: 481
PDF Download: 378