INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN ARGUMENTASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

  • Kirana Wardani Wardoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Assessment instrument, argumentation skills, environmental pollution

Abstract

The purpose of this study is to analyze the feasibility of argumentation skills assessment instruments in junior high school students on environmental pollution material. In developing argumentation instruments using Toulmin's Argument Pattern model, level two argumentation indicators are claim, data, and warrant. This research uses an R&D approach to produce assessment instruments. The R&D model applied is Planning, Production, and Evaluation (PPE) from Richey & Klein. This research was tested on students of SMP Negeri in Gresik class VII A, B, and C with a total of 96 students who had received environmental pollution material. The results of logical validation and construct validation of ten questions are declared valid and suitable for use

Author Biographies

Kirana Wardani Wardoyo, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi S1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Wahyu Budi Sabtiawan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi S1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan (edisi 2). Bumi Aksara.

B. Uno, Hamzah. (2013). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Berlian, L., Taufik, A. N., & Iman, A. (2021). Pengembangan instrumen tes argumentasi tulisan yang berorientasi E-learning untuk melatih keterampilan argumentasi mahasiswa. Bio Education, 6(2), 1-12. https://doi.org/10.31949/be.v6i2.3317

Daryanto, D., & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Gava Media.

Dewata, I., & Danhas, Y. H. (2018). Pencemaran lingkungan (1st ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Hardanie, B. D., Inabuy, V., Sutia, C., Maryana, O. F. T., & Lestari, S. H. (2021). Buku panduan guru ilmu pengetahuan alam untuk SMP kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hermawan, A. (2018). Pengembangan instrumen asesmen berpikir kritis pada pembelajaran tematik Kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Tumijajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14696

Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 92–96. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15143

Jin, H., Mehl, C. E., & Lan, D. H. (2015). Developing an analytical framework for argumentation on energy consumption issues. Journal of Research in Science Teaching, 52(8), 1132-1162. https://doi.org/10.1002/tea.21237

Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Kemampuan argumentasi pada pembelajaran biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31621

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Modul pengembangan instrumen penilaian oleh pendidik mata pelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Menengah Pertama. In kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Noviyani, M., Kusairi, S., & Amin, M. (2017). Penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA dengan inkuiri berbasis argumen. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 974–978. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, H., Indrowati, M., & S, S. (2016). Profile of scientific argumentation skills for biology education FKIP UNS students in plant anatomy course. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 29-33. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/bioedukasi- uns.v9i1.3880

Puspaningsih, A. R., Tjahjadarmawan, E., & Krisdianti, N. R. (2021). Ilmu pengetahuan alam (1st ed.). kementrian pendidikan, kebudayaa, riset, dan teknologi.

Putri, F. D. (2020). Pengembangan instrumen tes kemampuan berargumentasi pada materi impuls dan momentum. Khazanah Pendidikan, 14(1), 44–57. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8463

Richey, R., & James, K. D. (2009). Design and development research. New York: Routledge.

Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548

Sugiyono. (2019). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutowijoyo, N. R., Novaliana Vivin, N., Kurniawati, E., & Nugroho, G. S. (2020). Unit pembelajaran 9 pencemaran lingkungan. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.

Uslan, U., Ivo, B., & Muhammad, A. S. (2018). Pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi perkembangbiakan tumbuhan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.58

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102-108. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Zairina, S., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis keterampilan argumentasi siswa SMP berbantuan socio-scientific issue pemanasan global. Pensa E- Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 37–43. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Published
2023-07-31
How to Cite
Wardoyo, K., & Sabtiawan, W. (2023). INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN ARGUMENTASI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(2), 175-179. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/53800
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 35