RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN ASESMEN FORMATIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI MTsN 2 KOTA SURABAYA

Authors

  • Umi Masfufah Hanim Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Asesmen Formatif, Inkuiri Terbimbing, Respons Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap penerapan asesmen formatif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-kualitatif. Instumen penelitian ini menggunakan angket respons peserta didik yang disebarkan kepada 31 siswa MTsN 2 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan angket yang dibagikan kepada 31 peserta didik kelas VIII-B setelah penerapan asesmen formatif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 4 kategori skala likert, yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS), dengan menggunakan 4 kategori diatas peneliti membuat 16 pernyataan yang harus diisi oleh sampel/responden. Berdasarkan 4 kategori diatas akan dikelompokkan menjadi 2 respons positif dan negatif. Kemudian dicari rata-rata persentase respons dengan membagi jumlah persentase respons dengan jumlah pernyataan dalam angket. Hasil penelitian menunjukkan respons positif peserta didik lebih banyak dibandingkan dengan respons negatif peserta didik terhadap penerapan asesmen formatif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, Hal tersebut dapat dilihat dari persentase 93,8% jawaban bernilai positif (untuk opsi sangat setuju dan setuju) dan 6,3% jawaban bernilai negatif (untuk opsi tidak setuju dan sangat tidak setuju) dari hasil respons peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Biologi, 7(2), 80–93.

Amijaya, S. L., Ramdani A, & Merta, I., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA, 13(2), 95-99.

Azwar, S. (2002). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya (2nded). Pustaka Pelajar.

Bistari. (2017). Kajian Metode Ekspositori – Model Pembelajaran Langsung dan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pembelajaran Prospektif. 2(2), 136.

Budiningsih, Asri. (2014) Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Chappuis, S., & Stiggins, R. J. (2002). Classroom Assessment for Learning. Educational Leadership, 60, 40-43.

Ibrahim, M. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, P. (2021). Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19. ARZUSIN, 1(1), 137-150.

Oktavianus, S. (2017). Respon Karyawan PT. Pembangkitan Jawa Bali Mengenai Isi Media Internal Info PJB. Jurnal E-Komunikasi, 5(1)

Pertiwi, B. (2017). Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Sirkulasi di SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahmawati, I. L., Hartono, & Sunyoto, E. N. (2015). Pengembangan Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Selfregulation Siswa Pada Tema Suhu Dan Perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2), 843-850.

Raisa, S., Adlim, A., & Safitri, R. (2017). Respon peserta didik terhadap pengembangan media audio-visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 80-85.

Rosalina, V., Efkar, T., & Tania, L. (2018). Pengembangan animasi berbasis simulasi molekul pada metode kromatografi. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Kimia, 7(2), 1–12.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media.

Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Novida, P. (2019). Pengintegrasian Penilaian Formatif dalam Pembelajaran IPA berbasis Saintifik terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 51-61.

Sintya, W. K., Purwanto, A., & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3).

Susanti, W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi (Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Jakarta.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sinastekmapan, 1(1), 1277-1283.

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Bio-Pedagogi, 4(1), 46-52.

Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72-105.

Winaryati, E. (2018). Penilaian kompetensi siswa abad 21. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 6-19.

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Hanim, U. M., & Sabtiawan, W. B. (2024). RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN ASESMEN FORMATIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI MTsN 2 KOTA SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 12(3), 82–87. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/62583

Issue

Section

Articles
Abstract views: 293 , PDF Downloads: 146

Most read articles by the same author(s)

> >>