PENERAPAN PENILAIAN DAN PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN

Authors

  • Dwi Mustainatur Rosidah Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan

Keywords:

Pembelajaran, Penilaian, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif guru IPA dan siswa SMP dalam perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran IPA sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliptui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah satu guru IPA dan 3 siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Teknik analisis data mengikuti model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyesuaikan pembelajaran dengan pedoman Kurikulum Merdeka. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru IPA melakukan telaah Capaian Pembelajaran (CP), membuat Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan dilanjutkan dengan pembuatan Modul Ajar dan penyusunan asesmen. Pada tahap pelaksanaan, Kurikulum Merdeka ini mendorong siswa untuk berkontribusi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, asesmen pembelajaran IPA juga sesuai dengan Kurikulum Merdeka, yaitu dengan menggunakan asesmen diagnostik kognitif (formatif dan sumatif) dan non kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2). https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Antonius, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2021). Structured or Semi-structured Interview. CRMS Indonesia.

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Marzuki. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2771–2780.

Nissa, I. C. (2022). Edukasi Integrasi Hots Dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 341–349.

Pindan, Y., Pakiding, A., & Karuru, P. (2022). Persepsi Guru IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Se-Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 40–31.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Putra, I. K. D. A. S., & Widiari, P. R. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 4 Abuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.184

Ruchmana, N. I., & Sartika, S. B. (2023). Readiness of Junior High School Science Teachers in the Independent Learning Curriculum [Kesiapan Guru IPA SMP dalam Kurikulum Merdeka Belajar]. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(3), 528–544.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Rosidah, D. M., & Sabtiawan, W. B. (2024). PENERAPAN PENILAIAN DAN PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 12(3), 100–103. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/62665

Issue

Section

Articles
Abstract views: 507 , PDF Downloads: 181

Most read articles by the same author(s)

> >>