PENERAPAN PENILAIAN DAN PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN
Keywords:
Pembelajaran, Penilaian, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif guru IPA dan siswa SMP dalam perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran IPA sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliptui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah satu guru IPA dan 3 siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Teknik analisis data mengikuti model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyesuaikan pembelajaran dengan pedoman Kurikulum Merdeka. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru IPA melakukan telaah Capaian Pembelajaran (CP), membuat Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan dilanjutkan dengan pembuatan Modul Ajar dan penyusunan asesmen. Pada tahap pelaksanaan, Kurikulum Merdeka ini mendorong siswa untuk berkontribusi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, asesmen pembelajaran IPA juga sesuai dengan Kurikulum Merdeka, yaitu dengan menggunakan asesmen diagnostik kognitif (formatif dan sumatif) dan non kognitif.
Downloads
References
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2). https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Antonius, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2021). Structured or Semi-structured Interview. CRMS Indonesia.
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Marzuki. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2771–2780.
Nissa, I. C. (2022). Edukasi Integrasi Hots Dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 341–349.
Pindan, Y., Pakiding, A., & Karuru, P. (2022). Persepsi Guru IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Se-Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 40–31.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.
Putra, I. K. D. A. S., & Widiari, P. R. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 4 Abuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.184
Ruchmana, N. I., & Sartika, S. B. (2023). Readiness of Junior High School Science Teachers in the Independent Learning Curriculum [Kesiapan Guru IPA SMP dalam Kurikulum Merdeka Belajar]. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(3), 528–544.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

