PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Keywords:
discovery learning, hasil belajar kognitif, klasifikasi makhluk hidupAbstract
Hasil belajar merupakan sesuatu yang penting sebagai tolok ukur perubahan siswa setelah pembelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Namun, hasil belajar siswa masih tergolong rendah karena kurangnya kemampuan membangun pengetahuan sendiri dan rendahnya semangat belajar akibat metode pembelajaran yang masih konvensional. Penggunaan model pembelajaran yang tepat, seperti discovery learning, dapat meningkatkan hasil belajar dengan mendorong keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa terhadap penerapan model discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 13 Surabaya Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori “Sedang” dan juga perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0,000, di mana nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Downloads
References
Afifah, A. (2022). Peningkatan Nilai Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Penerapan Model Discovery Learning di SMP Negeri 1 Mesjid Raya. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 345–360. https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22800
Dochy, F. J. R. C. (1996). Assessment Of Domain-Specific and Domain-Transcending Prior Knowledge: Entry Assessment and The Use Of Profile Analysis. In Alternatives In Assessment of Achievements, Learning Processes and Prior Knowledge (pp. 227–264). Springer.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2017). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Padang Tahun 2016 / 2017. 5(1), 1–8.
Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.
Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A. A., & Putra, P. S. E. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83–89.
Juliangkary, E., Yuwono, I., & Sulandra, I. M. (2012). Proses Berpikir Mahasiswa Matematika IKIP Mataram dalam Pembuktian Keterbagian Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 1(2), 120–126.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika.
Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396.
Simanjuntak, M. P., Siregar, L., & Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ), 7(4), 25–33.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Suryana, E., Lestari, A., Harto, K., Raden, N., & Palembang, F. (2022). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasi Ddalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1853–1862.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

