Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Pada Mata Pelajaran IPS SMP Sebagai Upaya Dalam Penguatan Karakter Nasionalis Peserta Didik
Keywords:
Nilai Multikultural, IPS, Karakter Nasionalis.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai multikultural dalam dunia pendidikan sebagai respons terhadap tantangan berupa konflik sosial dan pesatnya arus globalisasi. Kedua fenomena tersebut berpotensi menghambat pembentukan karakter nasionalis peserta didik. Oleh karena itu, pengintegrasian nilai-nilai multikultural ke dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi salah satu upaya strategis dalam memperkuat karakter nasionalis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai multikultural dilaksanakan dalam pembelajaran IPS sebagai sarana penguatan karakter nasionalis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 20 Surabaya dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling, meliputi peserta didik kelas VIII, guru IPS, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural seperti toleransi, demokrasi, kesetaraan, dan keadilan telah terintegrasi dalam proses pembelajaran dan budaya sekolah. Nilai-nilai tersebut ditanamkan melalui metode diskusi kelompok, pembiasaan perilaku, keteladanan guru, serta partisipasi aktif dalam kegiatan sekolah yang melibatkan seluruh warga sekolah dengan latar belakang yang beragam. Lingkungan sekolah yang inklusif dan kolaboratif turut mendukung keberhasilan internalisasi nilai-nilai tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penanaman nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran IPS efektif dalam memperkuat karakter nasionalis peserta didik. Saran yang diberikan adalah perlunya penguatan kapasitas guru dalam menerapkan pendekatan multikultural yang kreatif dan kontekstual, serta inovasi program sekolah yang mendukung budaya multikultural secara menyeluruh.
Downloads
References
Ainiyah, A. S. (2023). Internalisasi Nilai-nilai Multikultiral untuk Meningkatkan Toleransi Beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siliragung Banyuwangi. Masters Thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24803
Baldah, W., Sumarna, C., & Yuniarto, B. (2016). Indonesia merupakan negara yang majemuk. Keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia, mengakibatkan banyaknya perbedaan seperti, budaya, adat istiadat, agama, bahasa, ras, suku dan lain sebagainya. Jurnal Edueksos, V(1), 115–126.
Bunyamin. (2016). Pendidikan Multikultural Menuju Masyarakat Bermartabat. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–20.
Effendi, M. Y., & Sumaryati. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Toleransi Beragama Berbasis Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Bantul. 10(1).
Enggarwati, G. (2014). Penanaman Sikap Nasionalisme melalui Mata Pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumampir.
Faiqoh, N. (2015). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Kemendikbud. (2021). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id
Kumala, A. E. (2018). Penanaman Nilai-nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Metroyudan Kabupaten Magelang. Journal of Petrology, 1–90. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8168
Laila, I. N., & Rahmawati, U. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai pendidikan Multikultural Dalam Budaya Sekolah Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Moderasi Beragama Siswa. Nidhomiyyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04, 121–137.
Lestariningsih, W. A., Jayusman, & Purnomo, A. (2018). Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 123–131. e-issn: 2549-0354 P-ISSN: 2252-6641
Lisa, R., Buwono, S., Barella, Y., Aminuyati, & Wiyono, H. (2024). Penanaman Nilai Multikultural dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Sosial pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Singkawang. 4(2), 305–315.
Muhtadi, A. (2007). Teknik dan Pendekatan Penanaman Nilai dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 03(01), 60–69.
Pertiwi, S. W. P. (2020). Kemensos : 3.150 Desa di Indonesia Rawan Konflik Sosial. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/365709/kemensos-3150-desa-di-indonesia-rawan-konflik-sosial
Purwanti. (2021). Building tolerance in Indonesia school through multicultural curriculum. Indonesian Journal Educational Developmment, 310–322.
Rahmat, & Maknuun, L. il. (2020). Pengaruh Nilai-Nilai Multikultural Terhadap Menumbuhkembangkan Karakter Nasionalis. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 181–193. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6356
Sapendi, S. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Pendidikan Tanpa Kekerasan). Raheema, 2(1), 91–113. https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.172
Sari, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 22 Bengkulu Selatan. Skripsi INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4967/
Sarmini, & Setyowati, R. R. N. (2020). Pendidikan Multikultural untuk Membangun Jiwa Nasionalisme Generasi Muda. K-Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Merita Selvia Nura'ini, Katon Galih Setyawan, Nuansa Bayu Segara, Kusnul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 46
,
PDF Downloads: 34
