PEMBANGUNAN WADUK GAJAH MUNGKUR TAHUN 1976-1986

  • SRI UTAMI

Abstract

Abstrak 

Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah yang berada di provinsi Jawa Tengah, di mana sebagian besar wilayahnya merupakan tanah kering yang tidak bisa di tanami pada musim kemarau. Pada musim penghujan air terlalu banyak sehingga tanaman mati dan pada musim kemarau tanah terlalu kering sehingga tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik.

Pembangunan Waduk Gajah Mungkur direncanakan sejak tahun 1964 sebagai salah satu proyek waduk serbaguna yang bertujuan untuk mengendalikan banjir, penyediaan air untuk irigasi dan PLTA di lembah Sungai Bengawan Solo. Master plan pembangunannya dirumuskan pada tahun 1972-1974 dengan bantuan dari Overseas Technical Cooperation of Japan. Tahun 1974 dilakukan studi kelayakan oleh asisten teknik dari Japan International Cooperation Agency dan pada tahun 1976 dilakukan penandatanganan kontrak dengan Nippon Koei. Co. Ltd Consulting Engineers yang mendesain konstruksi Waduk Gajah Mungkur dan pembangkit listrik serta pintu air Colo yang digunakan untuk irigasi dan dibantu dengan pinjaman untuk jasa teknik dari Overseas Economic Cooperation Fund (OECF) Japan.

Dalam tulisan ini dijelaskan proses pembangunan Waduk Gajah Mungkur dari awal pembangunan tahun 1976 hingga selesai pada tahun 1981 serta manfaat pembangunan bagi peningkatan ekonomi yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitarnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode oral history atau wawancara dan penulisan sejarah yang mencakup heuristik, kritik, interpretasi dan heuristik untuk mendapatkan sebuah tulisan sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Hasil penelitian ini diantaranya adalah terselesaikannya masalah banjir di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo, peningkatan hasil pertanian masyarakat Wonogiri dengan adanya sarana dan prasarana irigasi yang baik, tersedianya listrik bagi masyarakat sekitar waduk dan peningkatan ekonomi masyarakat seiring berkembangnya sektor perikanan darat dan pariwisata.

Kata kunci: waduk, Wonogiri, proses, pembangunan, pemanfaatan

Published
2015-01-27
Abstract Views: 709
PDF Downloads: 1127