PENDIDIKAN ENTREPRENEUR DI PONDOK PESANTREN SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) LAMONGAN PADA TAHUN 1961-2010

  • CHUSNUL DEWI UMAROH

Abstract

Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Lamongan adalah pesantren yang berdiri pada tanggal 27 Oktober 1961. Pondok pesantren pada awalnya didirikan atas dasar keprihatinan Bapak Guru Muhammad Abdullah Muchtar terhadap anak jalanan dan anak yatim piatu. Karena mereka juga membutuhkan ilmu-ilmu keagamaan, maka didirikanlah pesantren sebagai lembaga penyedia ilmu-ilmu agama.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Lamongan ? 2) Bagaimana model pendidikan entrepeneur di pondok pesantren SPMAA Lamongan pada tahun 1961-2010 ? dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari : 1) heuristik, 2) kritik, 3) interpretasi, 4) historiografi. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti melakukan studi pustaka dan wawancara dikarenakan arsip tertulis yang ada jumlahnya sangat terbatas.

                Model pengajaran tradisional pesantren menggunakan metode wetonan dan sorogan yang sampai saat ini masih diterapkan. Pendidikan formal antara lain PAUD, TK, Madrasah Ibtidaiyah/SD, Madrasah Tsanawiyah/SMP, dan Madrasah Aliyah/SMA. Pada pendidikan non formal yaitu pendidikan pesantren yang diajarkan secara berjenjang dengan sistem semester. Kurikulum yang dipakai murni produk SPMAA dengan persentase 70% pendidikan pesantren dan 30% pendidikan formal.

                Pada pendidikan entrepreneur yang diajarkan kepada santri sesuai dengan bakat dan kemampuan para santri yang diperoleh dari pendidikan keterampilan yang diajarkan sejak bangku sekolah menengah pertama/Madrasah Tsanawiyah. Bentuk-bentuk keterampilannya antara lain pada bidang pertukangan, perbengkelan, peternakan, pertanian, perikanan, keperawatan, tata boga, dan menjahit.

Kata Kunci : Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA), Pendidikan Entrepreneur.

Published
2015-05-21
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 333