Universitas Terbuka di Indonesia Tahun 1984-1994

  • ERIKA INDIRASARI SUGIANTO

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang sebagian besar penduduknya terdiri atas masyarakat pekerja usia muda. Fenomena ini menghasilkan penduduk dengan tingkat pendidikan mayoritas SMTA dan menyebabkan ketidakmampuan para pekerja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Pemerintah mengambil kebijakan dengan mendirikan Universitas Terbuka untuk mengatasi permasalahan ini.

        Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Apakah yang melatarbelakangi didirikannya Universitas Terbuka di Indonesia (2) Bagaimana proses pembelajaran di Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi dalam menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh tahun 1984-1994 (3) Bagaimana dampak berdirinya Universitas Terbuka di Indonesia terhadap kesempatan belajar masyarakat di perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan latar belakang didirikannya Universitas Terbuka di Indonesia, untuk mengidentifikasi proses pembelajaran di Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi dalam menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh tahun 1984-1994 serta untuk menganalisis dampak berdirinya Universitas Terbuka di Indonesia terhadap kesempatan belajar masyarakat di perguruan tinggi.

        Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Untuk dapat memperoleh hasil yang baik pada skripsi ini, peneliti melakukan pencarian data berupa Keputusan Presiden No 41 tahun 1984 tentang pendirian Universitas Terbuka di Indonesia dan melakukan penelusuran baik di Koran, buku serta jurnal yang relevan dengan Universitas Terbuka di Indonesia tahun 1984-1994.

        Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Universitas Terbuka merupakan sebuah perguruan tinggi yang menjangkau lulusan SMTA yang tidak tertampung di PTN konvensional. Universitas Terbuka menjadi alternatif bagi para pekerja dikarenakan sistem perkuliahan yang tidak mewajibkan tatap muka.  Universitas Terbuka mengenal sistem pembelajaran jarak jauh. Pada sistem ini mahasiswa tidak diwajibkan menghadiri perkuliahan tiap hari dan menuntut kemandirian mahasiswa. Materi perkuliahan tidak hanya didapat dari perkuliahan, namun juga modul yang wajib dibaca secara mandiri oleh mahasiswa. Universitas Terbuka menjadi sebuah alternatif perguruan tinggi dikarenakan biaya yang murah dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kata Kunci : Universitas Terbuka, Sistem Pembelajaran Jarak Jauh.

Published
2015-06-01
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 61