KORELASI PERSEPSI GURU IPS TERHADAP MAPEL IPS TERPADU DENGAN HASIL UJI KOMPETENSI GURU (UKG) (STUDI KASUS GURU IPS SMP DI KABUPATEN LAMONGAN)

  • SYUHROTUN NAFISAH

Abstract

Kualifikasi akademik dan kesesuaian latar belakang pendidikan guru mempengaruhi proses pembelajaran. Dikeluarkannya Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang standar kompetensi dan kualifikasi guru menjadi tolak ukur bagi pemerintah untuk menetapkan kualifikasi guru. Penelitian ini mengambil dua rumusan masalah yaitu 1) Adakah perbedaan antara persepsi guru IPS yang dari lulusan IPS dan non IPS? 2) Adakah hubungan antara persepsi guru dan hasil UKG? Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbandingan persepsi dari beberapa latar belakang pendidikan yang berbeda (IPS, sejarah, geografi, sosiologi, ekonomi) dan mengkorelasikannya dengan hasil UKG yang telah diikuti oleh beberapa guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparasi dan korelasi. Jumlah sampel dalam komparasi adalah 50 guru dari beberapa SMP Negeri di Kabupaten Lamongan yang diambil secara Stratified random sampling dan dalam korelasi diambil 7 guru yang telah mengikuti tes UKG 2013 dan 2014. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji instrumen menggunakan Cronbach Alpha dan memenuhi syarat valid dan reliabel. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus T-test dan Pearson Product Moment.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) Persepsi guru lulusan IPS dan non IPS terdapat perbedaan. Dengan taraf kesalahan 5% dk=20-1=19 maka didapatkan t tabel=1,729, sehingga masing-masing t hitung=4,31 (IPS>sejarah), t hitung=4 (IPS>geografi), t hitung=4,37 (IPS>sosiologi), t hitung=4,35 (IPS>ekonomi). 2) Korelasi persepsi terhadap hasil UKG berdasarkan perhitungan manual dan SPSS mendapatkan hasil r hitung=0,909 > r tabel=0,754 dengan taraf signifikansi 5%, jadi ada korelasi positif  0,909 antara persepsi dan hasil UKG. Sedangkan koefisien determinasi ( )=0,82. Hal ini berarti 82% hasil UKG dapat ditentukan melalui persepsi, sedangkan 18% ditentukan oleh faktor lain.

Kata kunci            : Persepsi, IPS Terpadu, Hasil UKG

Published
2015-06-03
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 43