Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Ngimbang

  • INTAN DWI PERMATA SARI

Abstract

Komponen pembelajaran yang harus diperhatikan adalah adanya guru dan siswa. Suatu kegiatan pembelajaran perlu adanya interaksi antara guru dan siswa. Seorang guru harus menguasai berbagai metode pembelajaran dan mampu menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, karena pemilihan metode yang tepat akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian di SMA 7 PSKD Depok menunjukkan bahwa siswa tidak aktif selama pembelajatan sejarah karena penerapan metode ceramah yang tidak sesuai dengan pembelajaran di kelas, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu metode Question Student Have untuk melatih ketrampilan bertanya lewat pertanyaan tertulis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode Question Student Have dan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah. Desain penelitian menggunakan true experimental design. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian “Control Group Pre-test  Post-test Design”. Kelompok eksperimen menerapkan metode Question Student Have dan kelompok kontrol menggunakan  metode ceramah. Sampel penelitian dipilih secara random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Question Student Have dan hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah. Hasil analisis pada tiga aspek belajar siswa melalui uji t diperoleh nilai signifikansi masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol berdasarkan penilaian aspek pengetahuan (0,004<0,05), Aspek sikap (0,000<0,05), dan Aspek ketrampilan (0,000<0,05) maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Hasil anlisis peningkatan hasil belajar kelas eksperimen juga dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 3,63 sedangkan pada kelas kontrol dinyatakan baik dengan perolehan skor rata-rata 3,49. Hasil penilaian aktivitas siswa kelas eksperimen selama proses pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata 3,64 sedangkan kelas pembanding dinyatakan baik dengan skor rata-rata 3,49. Berdasarkan hasil angket Question Student Have yang diberikan peneliti di akhir pembelajaran kelas eksperimen memperoleh skor prosentase 91,5%. Berdasarkan hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Question Student Have berpengaruh pada hasil belajar siswa di SMAN 1Ngimbang.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Question Student Have, Hasil Belajar Siswa

Published
2015-06-03
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 145