LESSON STUDY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 MENGANTI GRESIK (KOLABORASI DENGAN GURU IPS)

  • MELISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pembelajaran melalui Lesson Study dan hasil belajar belajar siswa di SMP N 2 Menganti GresikĀ  pada kelas VII A dengan menggunkan metode team quizpada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, wawancara, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 1)lembar observasi, 2)lembar angket, dan 3) lembar tes formatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adalah penggunaan metode Team Quiz melaluiLesson studydapat mempengaruhi hasilbelajar IPS siswa kelas VIIA SMPN 2 Menganti tahun pelajaran 2014-2015 dengan adanya ketuntasan belajar siswa dalam setiap do, yaitu Do I : 71,88%, dan Do II : 87,5%, dan respon siswa yang bagus selama proses pembelajaran melalui lesson study berdasarkan hasil angket dan wawancara.

Kata kunci : Lesson Study, Hasil Belajar, Metode Team Quiz

Published
2015-06-04
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 15