PEMBERITAAN SURABAYA POST MENGENAI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KOTA SURABAYA PADA PELITA IV 1984/1985 – 1988/1989

  • CHOIRUNNISA RAHAYU

Abstract

Perumahan merupakan salah satu permasalahan yang kerap kali dihadapi sejumlah kota besar di Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah Indonesia menyiapkan program pembangunan perumahan secara massal dan mulai dirintis secara serius setelah memasuki Orde Baru. Pada Pelita IV, pemerintah menargetkan pembangunan perumahan bagi rakyat, dengan total rumah sejumlah 300.000 unit, salah satu kota di Indonesia yang mendukung adalah Surabaya. Pembangunan perumahan di Kota Surabaya tidak hanya didukung dengan Perumnas dan REI, tetapTegalsari

yasan Kas Pembangunan (YKP). Sedangkan lembaga keuangan yang bersedia memberikan dana pinjaman membeli rumah atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah, Bank Tabungan Negara (BTN) dan PT. Papan Sejahtera.

Untuk mengetahui fakta pembangunan perumahan di Kota Surabaya pada Pelita IV, dapat diketahui melalui pemberitaan Surabaya Post, edisi 1 April 1984 – 31 Maret 1989. Selain itu dapat didukung dengan hasil pendataan Badan Pusat Statistik Kota Surabaya dan Indonesia pada tahiun 1980-an.

Rumusan masalah yang kemudian muncul sebagai bahan peneitian adalah, 1) Bagaimana Surabaya Post memberitakan pembangunan perumahan di Kota Surabaya pada Pelita IV?

Hasil penelitian yang diperoleh pada Pelita IV dengan menggunakan analisis framing adalah, pada Surabaya Post edisi 1 April 1984- 31 Maret 1989, pemberitaan didominasi pembangunan perumahan real estate yang harga rumahnya mahal. Selain dominasi pembangunan perumahan oleh real estate, permasalahan berkaitan dengan KPR yang diberikan BTN juga sering diberitakan.

Kata Kunci          : Perumahan, Kota Surabaya, Pelita IV, Surabaya Post

Published
2015-06-15
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 77