Implementasi Program Kb Di Surabaya Tahun 1974-1979

  • APRILLIA FENY PUSPITASARI

Abstract

Studi ini membahas tentang pelaksanan program KB di Surabaya tahun 1974-1979. Persoalan ini dilatar

belakangi oleh pertumbuhan penduduk yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini  merupakan suatu  maslaha yang

dihadapi oleh setiap negara sejak dahulu hingga sekarang di kota Surabaya.

Dari  permasalahan tersebut,  penulis mencoba  mengambil  satu  pokok  permasalahan  yaitu  KB.  Adapaun permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah KB di Surabaya tahun 1974-1979 dan bagaimanakah dampak implementasi KB bagi perkembangan masyarakat Surabaya.

Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi pemilihan topik, heuristik atau penelusuran sumber, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hal ini dilakukan oleh penulis agar diperoleh kajian yang dapat dipertanggungjawabkan.

Studi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan KB di Surabaya tahun 1974-1979 mengalami banyak tantangan

dari pihak masyarakat terutama masyarakat Madura. Pada tahun 1974 program KB di Surabaya memasuki masa pelembagaan  yang  ditandai  dengan  adanya  masyarakat  yang  berpatisipasi  dalam  program  KB  dengan  menjadi pembantu petugas keluarga berencana (PPKBD). Pada tahun 1978 yaitu masa keterpaduan, dikembangkan integrasi program KB  dengan  masalah kesehatan Ibu dan Anak (KIA), gizi (UPGK) serta usaha peningkatan pendapatan keluarga Akseptor (UPPKA). Untuk tahun 1979-1980, kegiatan membina peserta KB   diSurabaya diarahkan agar meningkatkan peserta KB aktif, membina peserta KB lama, mengaktifkan peserta KB yang berhenti, memadukan program KB dengan sektor pembangunan yang berhubungan dengan masalah kependudukan.

Untuk mensukseskanprogram KB di Surabaya, maka diadakan berbagai kegiatan yang diantaranya adalah

penyuluhan-penyuluhan serta extradrive. Selain itu, kebijakan pemerintah maupun partisipasi masyarakat juga sangat berarti bagi kesuksesan program KB itu snediri.

Kata kunci : KB, Masyarakat, Surabaya

Published
2015-07-30
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 209