Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Menurut KH. Abdul Wahid Hasyim

  • MOH HADI SANTOSO

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui biografi KH. Abdul. Wahid Hasyim dalam pembaharuan sistem pendidikan pesantren. Menurut KH. Abdul Wahid Hasyim relevansi pembaharuan sistem pendidikan pesantren harus diimbangi dengan pikiran modern dan kebebasan berpikir, dalam perkembangan selanjutnya pesantren diharapkan menjadi tonggak kemajuan bangsa Indonesia di segala aspek kehidupan baik dalam agama.Penelitian ini untuk menjawab rumusan yaitu: 1) Bagaimana latar belakang KH. Abdul Wahid Hasyim memiliki ide pembaharuan pendidikan?2) Bagaimana pembaharuan sistem pendidikan pesantren menurut KH.Abdul Wahid Hasyim ?, 3) Bagaimana relevansi pembaharuan sistem pendidikan pesantren di Indonesia masa sekarang ?.Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan tahapan heuritik (mengumpulkan data), kritik, (melakukan uji validitas yang telah didapat dalam proses heuristik), intepretasi (menghubungkan fakta), Historiografi (memperhatikan aspek kronologisnya).  Penelitian ini menyimpulkan bahwa KH. Abdul Wahid Hasyim merupakan pemikir progresif dan dinamis. Sebagai agamawan, ia konsisten dalam pemikiran keislaman. Sebagai negarawan, ia mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam khazanah keilmuan pendidikan, ia tergolong pemikir pembaharuan dalam dunia pesantren. Tetapi dalam sejarah pendidikan Islam Indonesia belum banyak peneliti yang menyatakan bahwa KH Wahid Hasyim pembaharu pendidikan Islam Indonesia. Hingga kini, pemikiran beliau selama puluhan tahun lalu tetap relevan diimplementasikan dalam konteks pendidikan masa sekarang. Dalam penelitian ini pembacaan pembaharuan pendidikan KH. Abdul Wahid Hasyim diletakkan dalam konteks zamannya. KH. Abdul Wahid Hasyim melakukan pembaharuan pendidikan khususnya di lingkungan pesantren.

Kata kunci : Pembaharuan, Pesantren dan KH. Abdul Wahid Hayim

Published
2015-07-30
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 283