FLUKTUASI PERTANIAN DI KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2004-2009

  • FAISSATUN ULFA

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting bagi perekonomian nasional. Keadaan yang sama juga terjadi di Kabupaten Bangkalan. Peranan penting sektor pertanian menjadikan pemerintah melakukan beberapa uapaya pengembangan di sektor pertanian. Upaya pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian berdampak terhadap peningkatan hasil produksi pertanian di Kabupaten Bangkalan.

Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah yaitu: 1) Mengapa produksi pertanian di Kabupaten Bangkalan terjadi fluktuasi pada tahun 2004-2009; 2) Bagaimana penduduk Madura di Kabupaten Bangkalan mengembangkan sektor pertanian terutama tanaman pangan. Tujuan penelitian ini untuk untuk menjelaskan produksi pertanian di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2004-2009, menjelaskan penduduk Madura di Kabupaten Bangkalan dalam melakukan pengembangan sektor pertanian tanaman pangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan histoiografi. Untuk dapat memperoleh hasil yang baik, dilakukan pencarian data yang berupa laporan tahunan Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan tahun 2004-2009, Data Statistik Kependudukan, Pertanian, dan Tenagakerja di sektor pertanian tahun 2004-2009, wawancara dengan masyarakat petani serta melakukan penelusuran baik koran, majalah, buku, skripsi, jurnal yang televan dengan perkembangan pertanian.

Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, pertama fluktuasi yang terjadi pada hasil produksi pertanian tanaman pangan disebabkan karena adanya peningkatan pada luas lahan yang diserang penyakit dan hama, terjadinya penurunan pada luas tanam dan luas panen, kekeringan, serta adanya peralihan pada jenis komoditas tanaman lain. Kedua untuk mengembangkan sektor pertanian pemerintah melakukan program perluasan areal tanam, serta pengembangan pada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil produksi pertanian.  

Kata Kunci           : Pertanian. Kabupaten Bangkalan

Published
2015-08-03
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 428