PERUBAHAN TRADISI RITUAL SEDEKAH BUMI DI KOTA METROPOLITAN SURABAYA: ANALISA PERUBAHAN TRADISI RITUAL SEDEKAH BUMI DI DUSUN JERUK KELURAHAN JERUK KECAMATAN LAKARSANTRI KOTA SURABAYA TAHUN 1990-2014

  • ROBERT TAJUDDIN

Abstract

Tradisi Ritual Sedekah Bumi adalah ritual tradisi yang dilakukan sebagai wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan YME (Allah SWT) atas hasil panen yang melimpah. Tradisi Ritual Sedekah Bumi di Dusun Jeruk Kelurahan Jeruk Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya merupakan tradisi yang dilakukan secara turun-temurun dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Tradisi Ritual Sedekah Bumi di Dusun Jeruk Kelurahan Jeruk Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya diperingati setiap musim panen, biasanya pada bulan September, Oktober, atau November.

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana perkembangan prosesi Ritual Sedekah Bumi Dusun Jeruk- Kelurahan Jeruk – Kecamatan Lakarsantri – Surabaya tahun 1990-2014. (2) Mengapa terjadi perubahan pada prosesi Ritual Sedekah Bumi Dusun Jeruk- Kelurahan Jeruk – Kecamatan Lakarsantri – Surabaya pada tahun 1990-2014. (3) Bagaimana pengaruh kegiatan ritual sedekah bumi terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar Dusun Jeruk – Kelurahan Jeruk – Kecamatan Lakarsantri – Kota Surabaya pada tahun 1990-2014. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Historis (Sejarah), dengan metode penelitian sejarah yang menerapkan beberapa tahapan yaitu : (1) Heuristik, mencari dan mengumpulkan sumber. (2) Kritik terhadap sumber yang telah dikumpulkan dengan menyeleksi keasliannya.(3) Interpretasi sumber, dengan membandingkan dan menganalisa sumber sejarah menjadi fakta sejarah. (4) Historiografi, yaitu menyusun fakta sejarah secara kronologis sebagai laporan  akhir penelitian.

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu (1) Perkembangan Tradisi Ritual Sedekah Bumi di Dusun Jeruk dipengaruhi oleh kondisional di wilayah Surabaya Barat yang terus berkembang mulai tahun awal-awal tahun 1990an. (2) Pelaksanaan tradisi ritual sedekah bumi terjadi perubahan-perubahan di dalamnya, seperti pelaksanaan teknis ritual (prosesi), dan penyediaan sesaji sedekah bumi. (3) Adanya kegiatan pelaksanaan Tradisi Ritual Sedekah Bumi di Dusun Jeruk juga mendatangkan keuntungan ekonomi bagi sosial masyarakat Dusun Jeruk.

Kata kunci : Tradisi Ritual Sedekah Bumi, Perkembangan, Perubahan

 

 

Published
2015-08-14
Abstract Views: 597
PDF Downloads: 222