PERKEMBANGAN MUSIK POPROCK NIKE ARDILLA TAHUN 1984-1995

  • ICHVANI NUR RAMADHANI

Abstract

Musik rock masuk ke Indonesia sejak tahun 1963. Perkembangan semakin meluas di Indonesia pada tahun 1967. Musisi wanita ikut menjadi sejarah perkembangan musik rock di Indonesia seperti Nicky Astria dan Nike Ardilla. Nike Ardilla muncul di blantika musik rock Indonesia sejak merilis album ‘Seberkas Sinar’ di penghujung tahun 1989. Nike Ardilla merupakan salah satu penyanyi tahun 1980-an yang mempunyai jenis musik PopRock dan sangat menarik serta minat masyarakat Indonesia.

Rumusan masalah yang digunakan adalah (1) Bagaimana latar belakang perkenalan Nike Ardilla dengan musik PopRock pada genre musik yang ditekuni Nike Ardilla sampai mencapai popularitas tahun 1984-1995; (2) Bagaimana perkembangan karir musik Nike Ardilla dengan musik PopRock tahun 1984-1995; (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap lagu-lagu Nike Ardilla?. Tujuan penelitian ini, adalah untuk menjelaskan latar belakang perkenalan Nike Ardilla dengan musik PopRock pada genre musik yang ditekuni Nike Ardilla sampai mencapai popularitas tahun 1984-1995, perkembangan karir musik Nike Ardilla dengan musik PopRock pada tahun 1984-1995, dan respon masyarakat terhadap lagu-lagu Nike Ardilla.

Metode yang digunakan adalah penelitian sejarah, seperti heuristik dengan mengumpulkan sumber tentang Nike Ardilla yang didapat melalui wawancara dan penelusuran dokumen. Kritik dilakukan untuk memverifikasi sumber yang didapat untuk dapat memperoleh data dan fakta yang sesuai dan dapat diintepretasikan sesuai dengan tema penelitian. Tahap akhir metode ini adalah historiografi yang mengungkapkan tentang perkembangan musik Nike Ardilla secara tematik sesuai dengan rumusan masalah.

Hasil  penelitian  ini  dapat  diperoleh  kesimpulan  sebagai berikut. Nike Ardilla merupakan penyanyi PopRock berbakat yang dianggap sebagai Lady Rocker. Pada umur 8 tahun Nike Ardilla memperdalam bakat menyanyinya di HAPMI. Nama awal Nike Ardilla adalah  Nike Astrina yang diperoleh dari arahan Denny Sabri dengan merilis single Lupa Diri lewat album “Bandung Rock Power” tahun 1987. Nike Astrina juga sempat melakukan rekaman album “Hanya Satu Nama”.  Pertemuan dengan Deddy Dores membuat Nike Astrina menjadi penyanyi populer setelah merilis album “Seberkas Sinar” tahun 1989 dan mengganti namanya menjadi Nike Ardilla. Nike Ardilla mulai  dikenal masyarakat setelah membawa hit lagu “Seberkas Sinar” serta mendapat beberapa penghargaan di blantika musik Indonesia. Respon masyarakat dan para fans pada intinya tetap mendukung karir musik Nike Ardilla melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan terutama untuk fans. Nike Ardilla yang pada akhirnya masih dikenang dengan melalui karya-karya Nike Ardilla yang masih terpajang dan tersimpan dalam di museum Nike Ardilla di Bandung. Bukti bahwa respon masyarakat/fans positif adalah dengan menyimpan karya-karya/majalah tentang Nike Ardilla di rak-rak milik fans. Nike Ardilla merupakan penyanyi PopRock di blantika musik Indonesia.

Kata kunci            : Musik, PopRock, Nike Ardilla

 

Published
2015-08-14
Abstract Views: 458
PDF Downloads: 101