SEJARAH INDUSTRIALISASI BATIK DI KAMPUNG BATIK JETIS SIDOARJO TAHUN 1970-2013

  • RIZKY SATRYA WIRAWAN

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perkembangan dan dampak adanya industri Batik Jetis Sidoarjo. Desa Jetis merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi dari sisi kearifan lokal dan kondisi sosial ekonomi maupun budaya. Dalam wilayah Desa Jetis terdapat Kampung Batik Jetis yang lebih menonjolkan potensi dari sisi budaya yaitu adanya industri batik. Berdasarkan informasi masyarakat industri batik Jetis sudah ada sejak tahun 1970. Kemudian pada tahun 2008 Desa Jetis diresmikan menjadi Kampung Batik Jetis oleh bupati Win Hendrarso. Sementara dalam perkembangannya secara tidak langsung telah menyentuh kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat setempat maupun masyarakat Sidoarjo.

                Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana sejarah lahirnya Kampung Batik Jetis Sidoarjo? 2. Bagaimana sejarah awal pembuatan batik di Kampung Batik Jetis Sidoarjo?

3. Bagaimana pengaruh industri batik lokal Kampung Batik Jetis Sidoarjo tersebut terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan masyarakat? Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi terhadap data-data yang didapat, serta historiografi.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kampung Batik Jetis Sidoarjo sudah ada sejak tahun 1675 Batik tulis tersebut dibawa oleh Mbah Mulyadi, keturunan Raja Kediri, namun tidak ada generasi yang meneruskan aktifitas membatik pada saat itu. Pada tahun 1970 aktifitas membatik mulai muncul kembali dan menjadi salah satu penopang perekonomian sebagian besar masyarakat Desa Jetis. Pada tahun 2008 Industri Batik Jetis diresmikan menjadi Kampung Batik Jetis. Setelah diresmikan menjadi Kampung Batik Jetis Sidoarjo, hal ini membawa dampak pada masyarakat, dampak tersebut dapat ditinjau dari dampak sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.

Kata Kunci: Perkembangan Kampung Batik Jetis Sidoarjo, Sosial Ekonomi Budaya, Sentra Industri Batik

Published
2015-08-14
Abstract Views: 326
PDF Downloads: 420