KRITIK SOSIAL DALAM LAGU ORKES MORAL PANCARAN SINAR PETROMAKS TAHUN 1978-1982

  • RADITYA PERMANA PUTRA

Abstract

Sebagai karya seni, musik tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Musik dikatakan sebagai bahasa universal, karena didalam musik terdapat  pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh seseorang. Pesan tersebut disampaikan melalui kata-kata atau yang disebut lirik serta alunan melodi dan irama didalamnya. Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks hadir dengan musik yang bercirikan kritik sosial., tujuannya ingin berjuang menyuarakan pendapat atau aspirasi melalui bermusik.

Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah, yaitu 1) Latar belakang terbentuknya Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks tahun 1978-1982, 2) Eksistensi Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks dalam dinamika perkembangan musik di Indonesia, 3) Kritik sosial dalam lagu Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks tahun 1978-1982. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristic, kritik, interpretasi, dan historiografi. Untuk dapat memperoleh hasil yang otentik, dilakukan penelitian sumber primer wawancara dengan pelaku sejarah yaitu anggota Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks, serta melakukan penelusuran, seperti koran, buku, serta skripsi dan jurnal yang relevan tentang Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks atau OM PSP.

Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, musik sebagai kritik sosial di Indonesia sudah banyak dilakukan oleh sebagian musisi di Indonesia, seperti OM PSP. Terbentuknya OM PSP bermula dari Festival Antar Fakultas dengan menampilkan musik komedi grup musik ini berhasil meraih juara, setelah mempermanenkan grup musik ini lama-kelamaan lirik-lirik lagu OM PSP bertema kritik sosial yang mengangkat fenomena-fenomena yang terjadi disekitarnya. 

Eksistensi Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks dalam industri musik di Indonesia sangat diterima dihati masyarakat, hal ini terbukti dengan 4 Album yang sudah dikeluarkan dan juga dapat bermain beberapa film atas prestasi yang dibuat melalui bermusik. Musik mereka diterima baik dimasyarakat, dikarenakan banyak lirik-lirik lagu dari grup ini yang berisisikan pesan-pesan moral dan kritikan terhadap fenomena yang terjadi. Kritik sosial yang diangkat oleh Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks diambil dari berbagai subyek yang ada, seperti Kehidupan Mahasiswa di Kampus, Kesenjangan Sosial, Judi, John Winston Lennon, dan Istilah Prokem.

Kata Kunci : Musik, Kritik Sosial, Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks

 

Published
2015-08-14
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 84