FILM TEMA PERJUANGAN KARYA USMAR ISMAIL TAHUN 1950-1960

  • WAHYUNI

Abstract

Usmar Ismail merupakan pelopor sejarah perfilman Indonesia, dengan memberikan sumbangan-sumbangan besar terhadap perfiman Indonesia. Meskipun dalam pembuatan film tentang revolusi mengalami banyak kritikan dari masyarakat film, namun Usmar Ismail tidak jera dalam pembuatan film yang bertema perjuangan. Film Usmar Ismail yang bertema perjuangan bukan hanya menceritakan peristiwa sejarah, namun juga memberi gambaran bagaimana masyarakat dalam suasana revolusi.

                Penelitian ini berdasarkn pada rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana perkembangan karya Usmar Ismail dalam dunia perfilman Indonesia 1950-1960, 2) Analisis karya Usmar Ismail khususnya dalam tema perjuangan tahun 1950-1960. Untuk mendapatkan hasil yang otentik, dilakukan penelitian sumber primer yaitu wawancara serta  melakukan penulusuran seperti, 1) Koran diantaranya kompas, Star News, dan lain-lain, 2) Majalah, diantaranya majalah Aneka, Purnama dan lainnya, 3) Buku, diantaranya buku Bikin Film di Jawa, Usmar Ismail Mengupas Film dan lain-lainnya, serta skripsi dan jurnal yang relevan tentang Usmar Ismail.

                Hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa, perkembangan karya Usmar Ismail tema film perjuangan setiap karya yang dihasilkan memberikan pengalaman. Cerita yang disajikan setiap film diambil dari peristiwa sejarah, dengan menggambarkan karakter tokoh yang sebenarnaya ketika masa revolusi.

Kata Kunci : Usmar Ismail, Film Perjuangan, Peristiwa Sejarah

Published
2015-08-18
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 124