MASA MUDA SOEKARNO DAN TRANSFORMASI PEMIKIRAN POLITIKNYA DARI HOS TJOKROAMINOTO DI SURABAYA PADA TAHUN 1916-1921

  • CITA AISYAH NURANI PUTRI

Abstract

Secara umum Soekarno yang telah mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berguru kepada Tjokroaminoto tentunya telah mendapat sebuah transformasi pemikiran poltik. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana Soekarno mengadopsi karakter-karakter politik sang guru dalam implementasinya ketika terjun dalam dunia politik ketika berada di Surabaya.

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana proses transformasi pemikiran Tjokroaminoto oleh Soekarno ketika berada di Surabaya pada tahun 1916-1921 ? (2) Konsep-konsep politik HOS Tjokroaminoto apa saja yang dapat membentuk pemikiran Soekarno ? (3) Bagaimana implementasi pemikiran politikTjokroaminoto oleh Soekarno di Surabaya pada tahun 1916-1921 ?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang menerapkan beberapa tahapan, yaitu : (1) Heuristik, yakni pencarian dan pengumpulan sumber yang berupa buku seperti karya Cindy Adams yang berjudul Soekarno Penyambung Lidah Rakyat serta kumpulan pidato Soekarno. (2) Kritik sumber, yakni melakukan pengujian terhadap isi atau kandungan sumber. (3) Interpretasi sumber, yakni dengan cara menyusun hubungan antar fakta yang telah diteliti. (4) Historiografi, yaitu menyusun fakta sejarah secara kronologis sebagai laporan akhir penelitian.

Hasil dari penelitian ini adalah Soekarno yang memperoleh transformasi pemikiran politik Tjokroaminoto yang berasal dari seringnya berdiskusi di Surabaya. Soekarno juga menyerap konsep-konsep politik Tjokroaminoto seperti bagaimana mengorganisir massa, berpidato, menulis surat kabar, dan bergabung kedalam organisasi. Hasil dari transformasi pemikiran politik dari Tjokroaminoto diimplementasikan Soekarno pada tahun 1916-1921 yakni dengan bergabungnya Soekarno ke dunia politik dan membentuk organisasi, menjadikannya orator, menulis dalam surat kabar Oetoesan Hindia, dan membantu pengorganisasian massa.

Kata Kunci :Soekarno, Transformasi, Tjokroaminoto, Surabaya.

Published
2015-10-28
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 485