PERISTIWASEPAK BOLA GAJAH (PERSEBAYAVS PERSIPURA) MUSIM KOMPETISI 1987-1988 DALAM PANDANGAN SURAT KABAR MERDEKA DAN JAWA POS

  • M. NAJIB KHILMI

Abstract

Pada era modern media massa sangat lah penting bagi kehidupan manusia. hampir seluruh aspek kehidupan menjadi bahan pemberitaan dari media massa, mulai dari sosial, politik, ekonomi, budaya, maupun hiburan. Salah satu hiburan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah olahraga, utamanya sepak bola. Pada kompetisi Divisi Utama Perserikatan musim kompetisi 1987-1988, perhatian masyarakat Indonesia tertuju pada hasil pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan Persipura yang dimenangi oleh Persipura dengan skor telak 12-0. Media massa dalam negeri terutama surat kabar pada waktu itu pun tidak melewatkan hal tersebut, mereka beramai-ramai menjadikan berita kekalahan Persebaya sebagai headline.

Secara umum, penelitian ini menjelaskan tentang: 1)Pandangan suratkabar Merdekadan Jawa Posterhadap peristiwa Sepak Bola Gajah Persebaya VS Persipura. Untuk metode penulisan, penulis menggunakan metode penulisan sejarah, yang mencakup empat tahapan yaitu penelusuran sumber, kritik sumber, interpretasi sumber, dan historiografi. Selain itu, penulis juga menggunakan metode analisis framing dari Pan dan Kosicki yang mencakup stuktur Sintaksis, struktur  Skrip, struktur Tematis, dan struktur Retoris.

Kekalahan Persebaya dari Persipura ini sering disebut dengan Sepak Bola Gajah. Sepak Bola Gajah ini pula yang pada waktu itu menjadi ajang unjuk idealisme dari beberapa surat kabar. Surat kabar Merdeka (Jakarta) menjadi salah satu surat kabar yang teguh pendirian mengkritisi praktek Sepak Bola Gajah ini. Hal ini dapat dilihat dari pemberitaan mereka, baik Induk Karangan maupun Catatan Pojok.

Di lain pihak, ada Jawa Pos (Surabaya) yang menjadi media pendukung Persebaya. Jawa pos menunjukkan sikap pro terhadap langkah yang diambil oleh Persebaya, atau dengan kata lain pada posisi memaklumi praktek Sepak Bola Gajah. Perbedaan pendapat antara surat kabar Merdeka (Jakarta) dan Jawa Pos (Surabaya) sangat erat kaitannya dengan latar belakang serta sejarah masing-masing.

 

Kata Kunci: Sepak Bola Gajah, Persebaya vs Persipura, Pers, Analisis Framing.

Published
2016-01-27
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 144