PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS DI SMA NEGERI I WONOAYU, SIDOARJO

  • APRILIA MULYANI

Abstract

Pada pembelajaran pendidikan karakter dibiasakan pada sikap siswa, sikap guru dan keterlaksanaan pembelajaran karena masuk pada penilaian raport selain ranah pengetahuan yaitu sikap dan ketrampilan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah 2) hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah, dan 3) mengetahui pengaruh antara pendidikan karakter dengan hasil belajar siswa. Alat yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket siswa. Siswa yang diteliti kelas XI IIS SMAN I Wonoayu tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah survey dengan teknik kuantitatif deksriptif. Teknik sampel yang digunakan Nonprobability Sampling yang diperoleh sebanyak 63 siswa. Pengujian dilakukan dengan regresi sederhana atau linier. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan dan pengaruh positif antara pendidikan karakter dengan hasil belajar yang terlihat pada t hitung (6,45) lebih besar dari t tabel (1,67) menggunakan probabilitas 0,05, besar korelasi sebesar 0,637 yang termasuk pada kategori kuat dan sebesar 87,10% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pendidikan karakter. Hasil tersebut didukung dengan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran guru yaitu; kegiatan pembukaan 75,89%, inti dengan rata-rata 82,11%, dan penutup 80%, sedangkan pada siswa dalam kelas diperoleh pada aspek pembukaan 89%, inti 81%, dan penutup 82%. Hasil pengamatan siswa diperoleh 30 siswa aktif dalam pembelajaran dan 33 sangat aktif.

Kata Kunci: karakter siswa, hasil belajar siswa, pembelajaran sejarah

Published
2016-04-18
Abstract Views: 273
PDF Downloads: 257