KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA KOTA SURABAYA TAHUN 1980-1990

  • ARRUM WULAN EKASIWI

Abstract

Penyalahgunaan narkoba adalah suatu permasalahan sosial yang banyak terjadi di Indonesia dan telah ada sejak zaman kolonial hingga modern. Penyalahgunaan narkoba tumbuh dan berkembang di Pulau Jawa dan menyebar ke seluruh penjuru kota besar salah satunya adalah Kota Surabaya. Selain itu, Kota Surabaya merupakan sentra dari adanya perkembangan zaman yang terus-menerus akan mengalami perubahan besar. Seperti halnya dengan perkembangan kasus penyalahgunaan narkoba. Wilayah ini telah menjadi sasaran utama bagi pengedar narkoba untuk menyebarkan aksinya dalam kasus penyalahgunaan narkoba. sasaran utama yang banyak tertangkap ialah para remaja berusia 14 tahun hingga 20 tahun umumnya karena pengaruh dari ajakan teman di sekitar lingkungan. Pada awal tahun 1980 hingga akhir tahun 1990, pemerintah Kota Surabaya dengan tegas mengeluarkan aturan untuk segera menangani kasus penyalahgunaan narkoba yang telah tersebar diseluruh wilayah tersebut.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, 1.) Bagaimana latar belakang kasus penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja Kota Surabaya tahun 1980-1990; 2.) Bagaimana perkembangan kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Surabaya tahun 1980-1990?; 3.)Bagaimana upaya pemerintah menangani kasus penyalahgunaan narkoba terhadap remaja Surabaya tahun 1980-1990?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah meliputi tahap heuristik yaitu pengumpulan sumber-sumber primer maupun sekunder, kritik yaitu tahap untuk memilih sumber-sumber yang telah ditemukan, interpretasi yaitu tahap melakukan analisis terhadap fakta-fakta yang ditemukan berbagai sumber baik primer maupun sekunder, historiografi yaitu tahap penyajian hasil laporan penelitian dalam bentuk tulisan dengan penulisan sejarah yang benar.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mendeskripsikan latar belakang serta perkembangan kasus penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja Kota Surabaya tahun 1980-1990. Penelitian ini juga menjelaskan tentang upaya pemerintah dalam menangani kasus penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja Kota Surabaya.
Hasil penelitian berupa perkembangan kasus penyalahgunan narkoba yang semakin menunjukkan angka peningkatan secara drastis setiap tahun. Kasus narkoba telah menjadi persoalan tingkat nasional, sehingga pemerintah dengan tegas segera mengambil tindakan atas kasus tersebut. Berbagai macam upaya serta tindakan yang sudah dilakukan oleh pihak pemerintah, dan masyarakat. Adapun macam-macam upaya yang dilakukan pemerintah yaitu promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitative serta refresif. Dengan adanya upaya tersebut, diharapkan agar jumlah pemakaian narkoba pada kasus penyalahgunaan narkoba dapat berkurang dan tidak terjadi peningkatan yang lebih drastis dari tahun 1980 sampai tahun 1990.


Kata Kunci : Perkembangan, Remaja, Kasus Narkoba, Upaya.

Published
2016-05-11
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 107