PERANAN MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DALAM SOSIALISASI KEBIJAKAN PROGRAM KB PEMERINTAH ORBA DI SURABAYA TAHUN 1970-1978

  • FIDAH FITRIYA

Abstract

Pemerintahan Orde Baru adalah suatu penataan kembali seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara. Salah satu kebijakannya adalah pemerintah mulai serius melaksanakan program KB yang menjadi bagian dari rencana panjang 25 tahun pembangunan nasional sejak 1968/1969. Soeharto sebagai pemimpin masa Orde Baru memanfaatkan berbagai media yang ada untuk menebarkan kebijakan-kebijakannya. Media massa dianggap ampuh dalam memberitakan program pemerintah, karena dapat menjangkau seluruh kota di Indonesia. Pengendalian laju pertumbuhan penduduk di wilayah Surabaya didukung oleh media massa lokal Panjebar Semangat. Demi melancarkan pembangunan nasional, majalah Panjebar Semangat menerbitkan publikasi berkaitan dengan KB hampir disetiap edisinya mulai Februari 1970-Desember 1978.
Studi ini membahas, (1) Bagaimana bentuk sosialisasi program KB pemerintah Orba di Surabaya dalam majalah Panjebar Semangat tahun 1970-1978?; dan (2) Bagaimana dampak sosialisasi dalam majalah Panjebar Semangat terhadap program KB pemerintah Orba di Surabaya tahun 1970-1978?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, yang memiliki empat tahapan kerja: Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Sumber utama yang digunakan dalam penelitian ini yaitu majalah Panjebar Semangat tahun 1970-1978 dan KB di Surabaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran majalah Panjebar Semangat dalam proses sosialisasi tampak dalam artikel dan slogan-slogan yang disajikan dari edisi Februari 1970 sampai Desember 1978 dapat membuat masyarakat Surabaya mengambil intisari serta memahami sajian informasi yang mendidik. Isi pesan yang mendukung proses sosialisasi tersebut antara lain, seperti kesadaran akan pentingnya pembatasan kelahiran yang tidak hanya sebatas sebagai salah satu cara dalam pengendalian laju pertumbuhan penduduk Indonesia saja, tetapi juga kesadaran pentingnya masalah kesehatan, kesejahteraan sosial, dan lain-lain yang akan mempengaruhi kehidupan manusia.
Sosialisasi KB di majalah Panjebar Semangat membawa dampak bagi masyarakat Surabaya. Dampak jangka pendek yang ditimbulkan dari adanya sosialisasi KB di majalah Panjebar Semangat adalah masyarakat mendapatkan informasi dan pengetahuan KB secara luas. Selain itu, dapat merubah pola pikir masyarakat Surabaya dalam membentuk pandangan terhadap bagaimana standar hidup layak yang diberlakukan oleh pemerintah Orba, sehingga menimbulkan peningkatan jumlah pengguna KB baru. Dampak jangka panjang yang ditimbulkan dari adanya sosialisasi KB di majalah Panjebar Semangat adalah menurunnya tingkat kelahiran bayi di Surabaya Utara sebanyak 125 bayi dan 37 bayi di Surabaya Selatan pada tahun 1974 dan 1977 sebagai dampak dari meningkatnya jumlah akseptor KB di Surabaya. Majalah Panjebar Semangat juga ikut berpartisipasi dalam pengendalian jumlah penduduk Surabaya tahun 1970-1978 dengan rata-rata peningkatan sebesar 51.081 orang per tahun.


Kata Kunci: Majalah Panjebar Semangat, KB di Surabaya

Published
2016-06-28
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 102