PERANAN KH. MOH. MA’SHUM YUSUF DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK MODERN ARRISALAH PONOROGO TAHUN 1982-2009

  • SYARIFA WULAN

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang peranan KH. Moh. Ma’shum Yusuf dalam mengembangkan Pondok Modern Arrisalah tahun 1982-2009. Pondok ini mulai dirintis pada tahun 1982 oleh KH. Moh. Mashum Yusuf dan diresmikan pada tanggal 26 Febuari 1985 dengan nama Madinatu At-Thulab. Gagasan utama pendirian Pondok Modern Arrisalah disebabkan rasa keprihatinan KH. Moh. Ma’shum Yusuf terhadap pendidikan anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.
Adapun permasalah yang dibahas pada penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana latar belakang berdirinya Pondok Modern Arrisalah Ponorogo; (2) Bagaimana perkembangan Pondok Modern Arrisalah Ponorogo tahun 1982-2009; (3) Bagaimana peranan KH. Moh. Ma’shum Yusuf dalam mengembangkan Pondok Modern Arrisalah Ponorogo tahun 1982-2009. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan historis yang meliputi heuristik, kritik, interprestasi dan historiografi. Sumber-sumber yang digunakan berupa sumber primer yaitu wawancara langsung dengan pimpinan Pondok Modern Arrisalah Ponorogo yaitu KH. Moh. Ma’shum Yusuf. Selain itu, penulis juga menggunakan beberapa sumber primer berupa arsip dan piagam pendirian Pondok Modern Arrisalah Ponorogo.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, perkembangan Pondok Modern Arrisalah Ponorogo dibagi menjadi tiga periode yaitu, periode pra-pesantren dimulai sejak pertama kali pondok ini dirintis tahun 1982, periode pondok modern bertaraf nasional dimulai sejak peresmian pondok yaitu pada tanggal 26 Pebruari 1985 dan periode pondok modern bertaraf internasional dimulai sejak berubahnya sistem pendidikan di Pondok Modern Arrisalah yaitu tahun 1995 hingga peresmian Yayasan Pondok Modern Arrisalah di tahun 2009. Peranan KH. Moh. Ma’shum Yusuf dalam mengembangkan Pondok Modern Arrisalah Ponorogo yaitu melakukan kerja sama dengan Pondok Modern Gontor Ponorogo, meningkatkan kualitas pendidik dengan jalur pengkaderan dan mengembangkan kegiatan perekonomian guna memenuhi kebutuhan pondok serta pembangunan sarana prasarana pondok.


Kata Kunci: Peranan, KH. Moh. Ma’shum Yusuf, Pondok Modern Arrisalah.

Published
2016-06-29
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 158