Studi Komparatif Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung Antara yang Diajar Guru Bersertifikat Pendidik dan Guru Belum Bersertifikat Pendidik

  • ISTI AYU WULANDARI

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam upaya meningkatkan kualitas sistem layanan dan hasil pendidikan. Untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, maka pemerintah menyelenggarakan program sertifikasi guru untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru dan mutu hasil pendidikan. Penelitian ini mengambil dua rumusan masalah sebagai berikut 1) Adakah perbedaan hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung antara yang diajar guru bersertifikat pendidik dan guru belum bersertifikat pendidik? 2) Berapa besar pengaruh guru bersertifikat pendidik terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri Kabupaten Tulungagung antara yang diajar guru bersertifikat pendidik dan guru belum bersertifikat pendidik. 2) Mengetahui besar pengaruh guru bersertifikat pendidik terhadap hasil belajar sejarah siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 299 siswa yang diajar oleh lima guru tersertifikasi dan satu guru belum tersertifikasi yang diambil secara stratified, cluster, dan proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan Independent-Samples T Test.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa antara yang diajar guru bersertifikat pendidik dan belum bersertifikat pendidik. Dengan taraf kesalahan 5%, maka didapat nilai t-test 0.000 < 0.025. 2). Pengaruh guru bersertifikat pendidik sebesar 5.3% terhadap hasil belajar sejarah siswa. Ini artinya bahwa guru bersertifikat pendidik tidak terlalu memberikan dampak besar terhadap hasil belajar siswa.


Kata Kunci : Guru, Sertifikasi, Hasil belajar sejarah

Published
2016-07-13
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 36