PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN BANGSA INDONESIA SEJAK MASUKNYA PENGARUH BARAT SAMPAI DENGAN PENDUDUKAN JEPANG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 SAMPANG

  • IDRIYA ZULFANA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sampang, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunaakan guru mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model ceramah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti yang bertindak sebagai guru menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievementsebagai alternatif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sampang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Pada penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana dalam setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievementdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievementdapat dijadikan sebagai salah satu alternatif variasi pemilihan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sejarah, karena metode ini dapat mendorong siswa untuk lebih aktif belajar dan meningkatkan motivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya.


Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement, penelitian tindakan kelas, mata pelajaran sejarah

Published
2016-07-15
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 21