PENGARUH SUMBER BELAJAR (LEARNING RESOURCES BY DESIGN DAN LEARNING RESOURCES BY UTILIZATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 MOJOKERTO

  • VIVIN MEIRISTIYA

Abstract

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan acuan untuk mempelajari sesuatu hal dan mendapatkan hasil yang baik setelah mempelajari hal tersebut. Hal ini menyatakan pentingnya pemakaian sumber belajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sumber belajar tersebut, dapat ditentukan oleh guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa dengan menggunakan sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) dan sumber belajar yang mudah tersedia (learning resources by utilization). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen sebenarnya (true experimental design), dengan tujuan mencari perbandingan rata-rata prestasi belajar dua kelas yang telah diberikan perlakukan berbeda yakni, kelompok kelas kontrol dengan menggunakan sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) dan kelompok kelas eksperimen menggunakan sumber belajar yang mudah tersedia (learning resources by utilization).
Hasil penelitian menunjukkan pemakaian sumber belajar yang dirancang (learning resources by design,) dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 51% sedangkan, pemakaian sumber belajar yang mudah tersedia (learning resources by utilization) memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sisiwa sebesar 66%. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa antara kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji independent sample t-test yakni, 0,000 yang nilainya lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 sehingga, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar yang mudah tersedia (learning resources by utilization) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Perbedaan tersebut dapat terjadi sebab, penggunaan sumber belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan penggunaan sumber belajar yang mudah tersedia (learning by utilization) siswa dapat mempelajari materi secara kontekstual, serta dapat mengamati dan berinteraksi secara langsung terhadap apa yang telah dipelajari.


Kata kunci: Sumber Belajar, Prestasi Belajar Siswa.

Published
2016-07-27
Abstract Views: 851
PDF Downloads: 281