CARA BELAJAR SEJARAH SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 12 SURABAYA

  • RAGIEL RANGGA FEBRIANISAH

Abstract

Dalam kegiatan proses belajar - mengajar disekolah, siswa dituntut untuk menguasai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru. Namun tidak semua siswa dapat mencapai hasil belajar optimal seperti yang telah dirancang dalam tujuan pembelajaran. Kebanyakan siswa masih saja ada yang mempunyai hasil belajar atau prestasi yang rendah. Pada dasarnya setiap siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan cara belajar siswa bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar atau prestasi siswa disekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis cara belajar sejarah siswa berprestasi dan strategi belajar siswa berprestasi dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI-IPA 7 SMA Negeri 12 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016. Sasaran penelitian ini adalah 1 orang guru dan 4 siswa kelas XI IPA 7. Metode penelitian adalah metode kualitatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian: 1) Cara belajar sejarah siswa berprerstasi adalah membuat jadwal waktu belajar setiap malam hari jika besok ada jadwal pelajaran sejarah selama 1 jam, membaca buku dan membuat catatan pelajaran sejarah mengenai hal-hal yang penting ditulis dengan menarik agar dapat memudahkan ketika dipelajari kembali. Mengikuti pelajaran dikelas dengan memperhatikan, mendengarkan, mencatat penjelasan dan bertanya materi yang belum jelas kepada guru. Siswa mengulangi pelajaran sejarah dengan membaca buku ringkasan dan menghafal pelajaran sejarah hanya pada materi tertentu tujuannya untuk mengingat materi dalam pikiran. Ketika menempuh ujian siswa mengatur jadwal waktu belajar, menyiapkan bahan materi, membaca ringkasan materi dan latihan mengerjakan soal. 2) Strategi belajar siswa berprestasi dalam meningkatkan hasil belajar sejarah meliputi : mengatur jadwal waktu belajar selama 1-3 jam sebelum menempuh ujian, membaca pokok inti materi sejarah dan mengulangi materi pelajaran melalui buku catatan. Berlatih mengerjakan soal melalui Lembar Kerja Siswa (LKS). Mengerjakan soal ujian sesuai dengan pikiran, percaya pada kemampuan sendiri dalam menjawab pertanyaan ujian. Hal ini menunjukkan bahwa jika siswa memiliki cara belajar yang baik maka prestasi belajarnya akan baik.


Kata kunci: Cara Belajar, Berprestasi.

Published
2016-08-21
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 65