PERAN K.H. MOH. SHOLIH MUSTHOFA DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN SAMPURNAN BUNGAH-GRESIK TAHUN 1948-1982

  • MUHAMMAD IZZUL IDLOFY

Abstract

K.H. Moh. Sholih Musthofa adalah pengasuh dan pemimpin keenam dari Pondok Pesantren Qomaruddin yang terletak di Dusun Sampurnan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. K.H. Moh. Sholih Musthofa merupakan sosok yang sangat penting bagi kemajuan Pondok Pesantren Qomaruddin. Pada awalnya, Pondok Pesantren Qomaruddin dalam sistem pembelajarannya menggunakan sistem tradisional yakni mengkaji kitab-kitab kuning karangan para ulama’, kemudian atas inisiatif K.H. Moh. Sholih Musthofa akhirnya dibuka beberapa pendidikan klasikal/formal mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas yang sudah barang tentu secara bertahap. Selain itu K.H. Moh. Sholih Musthofa juga berndil besar dalam perkembangan sarana prasarana di Pondok Pesantren Qomaruddin.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kondisi pondok Pesantren Qomaruddin sebelum K.H. Moh. Sholih Musthofa memimpin 2) Perubahan-perubahan apa saja yang dilakukan oleh K.H. Moh. Sholih Musthofa 3) Bagaimana dampak kepemimpinan K.H. Moh. Sholih Musthofa terhadap pendidikan pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.
Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut, K.H. Moh. Sholih Musthofa adalah pengasuh dan pemimpin keenam Pondok Pesantren Qomaruddin. Pondok Pesantren Qomaruddin didirikan oleh Kiai Qomaruddin pada tahun 1775 M. Pada awalnya nama pesantren ini adalah Pondok Pesantren Sampurnan, kemudian pada tahun 1967 atas inisiatif Kiai Hamim Sholih diberi nama Pondok Pesantren Darul Fiqih, akan tetapi pada pertengahan tahun 70-an berganti nama lagi menjadi Pondok Pesantren Qomaruddin dengan berbagai alasan, salah satunya adalah ingin mendapat berkah dari pendirinya yakni Kiai Qomaruddin. Sosok K.H. Moh. Sholih Musthofa adalah pengasuh yang berandil besar bagi perkembangan Pondok Pesantren Qomaruddin. Pada awalnya Pondok Pesantren Qomaruddin menggunakan model pembelajaran tradisional kemudian seiring berjalannya waktu atas inisiatif K.H. Moh. Sholih Musthofa mulai dibuka pendidikan formal dari tingkat dasar sampai menengah atas, baik yang berafiliasi dengan Departemen Agama maupun Departemen Pendidikan. Perkembangan sarana prasarana pun mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Selain itu K.H. Moh. Sholih Musthofa juga berperan besar bagi keberhasilan santri yang telah lulus dari Pondok Pesantren Qomaruddin. Banyak santri alumni yang menjadi tokoh masyarakat. Disisi lain K.H. Moh. Sholih Musthofa juga berperan besar bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam bidang agama. Warga masyarakat merasa dididik oleh K.H. Moh. Sholih Musthofa.


Kata kunci: Pondok Pesantren Qomaruddin, Peran K.H. Moh. Sholih Musthofa, Perkembangan Pondok Pesantren Qomaruddin

Published
2016-08-21
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 401