PERKEMBANGAN INDUSTRI KECIL DI KECAMATAN GEDANGAN TAHUN 1970-2015

  • CEPTI WAHYU MAULANDARI

Abstract

Sidoarjo salah satu kota yang berada di Jawa Timur yang sangat terkenal dalam bidang perindustrian. Sidoarjo memiliki berbagai sektor industri kecil. Industri skala kecil mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Industri kecil berkembang dengan sangat pesat di Kabupaten Sidoarjo, sehingga mempengaruhi beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten Sidoarjo salah satunya adalah Kecamatan Gedangan. Industri kecil yang terkenal di Kecamatan Gedangan yaitu industri kecil topi dan industri kecil sepatu, kedua industri tersebut terletak di Desa Punggul dan di Desa Sruni, bahkan di Desa Punggul terkenal dengan sebutan Kampung Topi yang telah diresmikan oleh Bupati Sidoarjo. Perkembangan industri kecil telah mengalami pasang surut khususnya industri lokal seperti yang ada di Desa Punggul dan Desa Sruni. Sampai saat ini pengrajin topi dan sepatu masih banyak dijumpai di desa Punggul dan Sruni.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perkembangan industri kecil di Gedangan tahun 1970-2015?, (2) Bagaimana pengaruh industri kecil di Gedangan terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan masyarakat? Metode yang digunakan dalam penelitian Perkembangan Industri Kecil Di Kecamatan Gedangan Tahun 1970-2015 dalam tinjauan sejarah dan perkembangannya adalah metode penelitian sejarah dengan empat tahapan, yaitu : (1) Heuristik (pengumpulan sumber), (2) kritik sumber, (3) interpretasi : analisis dan sintesis, (4) historiografi (penulisan).
Berdasarkan hasil analisis terhadap data dan sumber yang telah didapatkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan yang terjadi selama tahun 1970-2015 industri kecil di Kecamatan Gedangan berawal dari satu pengusaha kecil sebagai perajin topi namun lama kelamaan usaha topi berkembang dengan pesat dan mempengaruhi masyarakat sekitarnya untuk menjadi perajin topi. Dari industri topi inilah warga termotivasi membuat usaha kecil untuk membantu perekonomian keluarga. Industri kecil di Kecamatan Gedangan sudah memilikki konsumen yang cukup banyak hal ini terbukti dari banyaknya pesanan yang didapatkan setiap harinnya. Dalam segi pemasaran industri kecil di Kecamatan Gedangan sudah memilikki pasar masing-masing untuk menjual produknya. Industri kecil di kecamatan Gedangan baik industri topi, maupun industri sepatu sudah menggunakan teknologi yang maju yang dapat mempercepat pembuatan topi dan sepatu.
Kata Kunci : Perkembangan Industri Kecil, Industri Topi dan Industri Sepatu

Published
2016-12-20
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 432