PETERNAKAN SAPI PERAH KECAMATAN PUJON TAHUN 1990-2010

  • CHRISTIANA NURCAHYANTI

Abstract

Peternakan sapi perah merupakan salah satu bagian dunia usaha untuk meningkatkan taraf hidup khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan. Usaha peternakan sapi perah di Indonesia mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting, selain berperan sebagai sumber penghasilan masyarakat juga dapat memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan. Maka penting kiranya untuk mendorong dan mengembangkan usaha peternakan sapi perah di wilayah Indonesia. Salah satu wilayah yang merupakan sentra usaha peternakan sapi perah rakyat berada di wilayah Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perkembangan peternakan sapi perah di Kecamatan Pujon Tahun 1990-2010? (2) Bagaimana pengaruh peternakan sapi perah bagi kehidupan masyarakat kecamatan Pujon tahun 1990-2010? Dalam melakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh digunakan metode sejarah yang meliiputi heuristic, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Hasil dari penelitian ini ialah peternakan sapi perah yang ada di wilayah Kecamatan Pujon sudah berkembang sejak masa pendudukan Hindia-Belanda. Perkembangan peternakan sapi perah semakin pesat memasuki tahun 1990. Dari tahun ketahun jumlah ternak sapi yang dipelihara terus mengalami peningkatan. Dengan semakin berkembangnya peternakan sapi perah di wilayah Kecamatan Pujon pada tahun 1990-2010 dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian masyarakat di wilayah Kecamatan Pujon. Tidak hanya pada pada bidang perekonomian yang mengalami peningkatan tetapi kesejahteraan masyarakat juga turut meningkat hal ini karena adanya berbagai macam bantuan yang diberikan oleh Koperasi Susu SAE Pujon pada para peternak. Bantuan yang diberikan berupa pelayanan kesehatan, social, dan simpan pinjam. Semakin berkembangnya peternakan sapi perah di Kecamatan Pujon tidak terlepas dari peran Koperasi Susu SAE Pujon yang berupaya untuk memperrbaiki kondisi peterakan dengan program-program yang direncanakannya, salah satunya ialah pengobatan gratis bagi sapi yang sakit dan suntik IB gratis. Selain peran Koperasi Susu SAE Pujon, Pemerintah juga memiliki peran dalam tumbuh kembangnya peternakan sapi perah di kecamatan Pujon, pemerintah memberikan bantuan berupa kredit sapi yang disalurkan lewat Koperasi Susu SAE Pujon


Kata Kunci: Peternakan, Sapi Perah, Kecamatan Pujon

Published
2017-01-04
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 732