PERJALANAN TIM NASIONAL SEPAK BOLA INDONESIA DI PRA PIALA DUNIA 1986 DAN 1990

  • PANDYA KUSMA HUTAMA

Abstract

Salah satu olah raga yang digemari masyarakat Indonesia adalah sepak bola, olah raga ini bisa dikatakan sebagai olah raga yang paling populer di negeri ini. Fanatisme dalam sepak bola seperti sudah mendarah daging dalam masyarakat Indonesia dalam mendukung tim maupun Tim Nasional Indonesia. Faktanya setiap Tim Nasional Indonesia bertanding pasti mendapat dukungan penuh dari masyarakat Indonesia. Pada turnamem Pra Piala Dunia 1986, Tim Nasional Indonesia membuat kejutan dengan menjadi juara grup dan berhasil lolos ke putaran kedua serta berpeluang lolos ke turnamen Piala Dunia 1986 di Meksiko. Namun, prestasi yang tetah dibuat oleh Tim Nasinoal Indonesia 1986 tidak bisa diulangi oleh Tim Nasional Indonesia 1990 yang harus terhenti di fase grup.
Secara umum, penelitian ini menjelaskan tentang : 1) latar belakang terbentuknya Timnas Indonesia tahun 1986 dan Timnas Indonesia tahun 1990. 2) perjalanan Timnas Indonesia Pra Piala Dunia 1986 Dunia. 3) Timnas Indonesia 1990 dan respon PSSI terhadap tidak lolosnya Timnas Indonesia 1990 pada Pra Piala Dunia 1990. Untuk metode penulisan, penulisan menggunakan metode penulisan sejarah, yang mencakup empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interprestasi, historiografi.
Keberhasilan Tim Nasional Indonesia 1986 lolos keputaran kedua merupakan pencapaian prestasi tertinggi di turnamen Pra Piala Dunia. Indonesia bersama Thailand, Bangladesh, dan India berada di Grup III subgrub B. Memperoleh poin sembilan dari enam kali bertanding Indonesia berhasil menjadi juara grub dan berhak lolos ke putaran ke dua. Sayangya pada babak kedua Indonesia harus menelan kekalahan dari Korea Selatan dan perjuangan Tim Nasional Indonesia harus terhenti di babak kedua Pra Piala Dunia 1986.
Nasib berbeda dialami Tim Nasional Indonesia pada Pra Piala Dunia 1990, meraka tidak bisa mengulangi prestasi yang telah diraih pada ternamen selanjutnya. Indonesia bersama Korea Utara, Hongkong, dan Jepang berada di Grup IV Zona Asia Timur.Memperoleh poin lima dari enam kali bertanding Indonesia berada di peringkat ke tiga, dengan hasil ini maka Indonesia tidak berhasil lolos putaran kedua. Menurutnya: prestasi ini tentunya menjadi suatu bahan yang dapat dievaluasi terkait manajemen serta permainan tim, karena terdapatnya faktor-faktor yang berbeda antara Pra Piala Dunia 1986 dengan Pra Piala Dunia 1990.


Kata Kunci: Tim Nasional Indonesia 1986, Tim Nasional Indonesia 1990, Pra Piala Dunia.

Published
2017-01-09
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 230