HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SEJARAH DENGAN PROKRASINASI AKADEMIKPADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NGIMBANG

  • ANDRI KURNIAWAN

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda untuk mengerjakan suatu tugas yang berhubungan dengan aktivitas akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah minat belajar. Dalam hal ini peneliti menemukan masalah prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMAN 1 Ngimbang. Salah satu mata pelajaran yang menjadi sasaran prokrastinasi akademik karena kurangnya minat belajar adalah mata pelajaran sejarah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hubungan antara minat belajar Sejarah dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Ngimbang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar sejarah dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngimbang. Hubungan antara kedua variabel dalam penelitian ini akan diteliti dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 63 siswa yang dipilih secara acak. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan menggunakan skala minat belajar sejarah serta prokrastinasi akademik.
Secara umum siswa kelas XI SMAN 1 Ngimbang memiliki minat belajar sejarah yang sedang dengan prosentase sebesar 76,19%. Sementara prokrastinasi akademik juga berada pada kategori sedang dengan prosentase 71,42%. Hasil analisis korelasi sebesar (r) = -0,422 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05). Sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara minat belajar sejarah dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngimbang. Nilai negatif menunjukan hubungan yang tidak searah antara dua variabel tersebut. Artinya, semakin tinggi minat belajar sejarah, maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa.
Kata Kunci: Minat Belajar Sejarah, Prokrastinasi Akademik

Published
2017-01-10
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 270